Saturday 17th February 2018

Gubernur Maluku Saksikan Pengujian Ketahanan Bentangan JMP

By: On:

Ambon-Gubernur Maluku Said Assagaff menyaksikan pengujian beban ketahanan bentangan Jembatan Merah Putih Ambon dengan menaikan 44 truk masing-masing dengan beban delapan ton. Demikian dikatakan  Gubernur Said saat menyaksikan pengujian itu di Ambon.

Pengujian beban JMP dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di antaranya Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Balitbang Kementerian PUPR Ir Herry Vaza, M.Eng.Sc, Kepala Subdin Jembatan dan Terowongan Kementerian PUPR Iwan Zarkasih, dan mantan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

Selain itu, hadir juga Kepala Bappeda Maluku Antonius Sihaloho, Kepala Dinas PU Provinsi Maluku Ismail Usemahu, Satuan Kerja (Satker) JMP Cristian Lesmono dan pejabat lainnya.

Menurut Gubernur Said, dirinya bersama Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono berencana jembatan tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2016.

Selanjutnya, menurutnya  belum lama ini, Staf Pengamanan Presiden (Pampres) datang ke Ambon untuk melakukan koordinasi terkait kunjungan Wakil Presiden Moh Jusuf Kalla untuk memimpin Rapat Perikanan Terbesar, di Ambon, pada 16 Maret 2016.

Kepala Subdin Jembatan Khusus dan Terowongan Kementerian PU, Iwan Zarkasih mengatakan hasil pembangunan JMP sudah mulai nampak, dengan adanya pengujian beban ini.

Karena itu, operasionalnya perlu menunggu waktu sedikit lagi, karena setelah pengujian beban, akan dilanjutkan dengan evaluasi, sehingga kondisi jembatan ini, betul-betul meyakinkan tidak ada masalah.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Dan Pengembangan Jalan Dan Jembatan, Kementerian PU, Herry Vaza mengatakan sesuai amanat Undang-Undang bahwa jembatan khusus sebelum digunakan, perlu uji beban untuk menjaga aspek keselamatan.(Antara)

No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us