Gubernur Maluku Tinjau Jalan Yang Akan Dilewati Peserta “Tour de Mollucas”

Ambon-Gubernur Maluku Said Assagaff, mengagendakan 16 Juli mendatang, akan meninjau jalur jalan yang akan dilintasi peserta Tour de Mollucas yang ijadwalkan digelar September 2017.

Menurut Assagaff, peninajuan ini bertujuan untuk melihat langsung berbagai kesiapan dilapangan, demikian juga kekurangan yang harus segera ditangani oleh Instansi teknis terkait, untuk menyukseskan event Sepeda bertaraf internasional tersebut.

Rencananya, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan juga akan melihat langsung kesiapan Maluku dalam menggelar event yang akan diikuti peserta dari 35 negera tersebut, namun menurut Gubernur Said Assagaff akan disesuaikan dengan jadwal Menko Maritim nantinya.

Jelang Even Internasional tersebut, Pemprov Maluku memastikan persiapanya  sudah mencapai 70 persen , baik ari pembentukan  panitia lokal, hingga rapat koordinasi dengan instansi terkait.

Penyelenggaraan TdM akan mengawali  etape pertama di kota Ambon. Para pebalap selanjutnya akan menyusuri lintasan kurang lebih 600 KM melintasi tiga Kabupaten di Pulau Seram yakni, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur.

Untuk menyukseskan event tersebut, Balai Jalan Nasional Wilayah Maluku-Maluku saat ini sedang melakukan perbaikan ruas jalan yang akan dilewati para pebalap sepeda dari berbagai daerah dan mancanegara itu.

Lebih dari 600 kilometer ruas jalan yang akan diperbaiki  oleh Balai Jalan Nasional Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Perusahaan yang dipercayakan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan ruas jalan yang sekira mengalami kerusakan.

Tour de Moluccas, bagian dari upaya Pemerintah untuk meningkatkan dan mengembangkan kepariwisataan Maluku. Event ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi dan branding sejumlah obyek pariwisata yang ada di kota Ambon dan obyek wisata unggulan yang ada di Pulau Seram.

Selain Kota Ambon Pemerintah Provinsi dan Pemkab SBT, Maluku Tengah, SBB, bertekad untuk bekerja sama menyukseskan TdM dengan pihak terkait seperti EO dari Mitra Lintas, konsultan teknis IGP, PB ISSI (organisasi sepeda Indonesia), UCI (badan sepeda dunia), Kementerian Pariwisata dan berbagai lembaga terkait lainnya.

Kegiatan Tour de Molucca ini diharapkan menjadi kegiatan tahunan (annual event) seperti Tour de Singkarak, Tour de Ijen Banyuwangi dan Tour de Flores.DMS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *