Gubernur Motivasi Mahasiswa Perjuangkan Sangadji Pahlawan Nasional

Ambon-Gubernur Maluku Said Assagaff memotivasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon memperjuangkan pengusulan tokoh pelopor kemerdekaan, Abdul Muthalib Sangadji atau lebih dikenal dengan A.M. Sangadji diakui pemerintah sebagai pahlawan nasional.

Motivasi Gubernur ini menindaklanjuti Seminar Nasional “Lafran Pane dan A.M. Sangadji Sebagai Pahlawan Nasional”, di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Rabu(27/1). Sebagai tokoh pelopor kemerdekaan yang paling senior di Maluku, dengan catatan sejarah perjuangan di kancah politik dan gerakan-gerakan mendukung kemerdekaan, nama A.M. Sangadji telah diabadikan sebagai nama jalan di berbagai provinsi.

Menurut Gubernur, itu belumlah cukup untuk menghargai perjuangannya. Tokoh yang pada masanya dikenal dengan “Jago Tua” yang piawai berpidato harus diakui pengorbanannya sebagai pahlawan nasional. Upaya pengusulan tersebut, lanjutnya, pasti didukung penuh oleh Pemprov Maluku, termasuk juga biaya-biaya yang harus dikeluarkan terkait itu.

Dia juga mengingatkan, KAMMI dan HMI Cabang Ambon bisa melakukan gerakan mendukung pengusulan gelar pahlawan nasional bagi tokoh bangsa yang tewas tertembak saat Agresi Militer Belanda I di Yogyakarta pada 1947.(Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *