Gula Kristal Putih Langkah di Sejumlah Pasar Tradisional Kota Ambon

Ambon- Gula Pasir Jenis Gulaku mulai hilang di sejumlah  pasar di Kota Ambon. Di pasar Mardika misalnya, gula berlabel Gulaku mulai langkah semenjak seminggu sebelum lebaran.

Para pedagang yang ditemui di pasar Mardika Ambon saat ditanya tidak mengetahui penyebab kelangkaan gula tersebut. Mereka mengakui jika gula kemasan pabrikan ini sudah mulai langkah seminggu sebelum hari raya Idul Fitri.

Kelangkaan gula tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan harga jual di pasar, karena stok gula lokal masih tersedia.

La Nahi salah satu pedagang yang ditemui di pasar Mardika mengakui, kelangkaan gula kemasan kristal putih ini tidak berpengaruh signifikan terhadap harga gula lokal.

Para pedagang tetap menjual  gula lokal dengan harga Rp.14 ribu perkilo. Biasanya para pedagang membeli gula lokal Rp.630-635 per karung.

Berdasarakan pantauan, harga gula pasir yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional maupun sejumlah toko swalayan di Kota Ambon masih normal  Rp14.000/kg.

La Nahi mengatakan, normalnya harga gula pasir saat ini karena belum ada perubahan harga di tingkat produksi yakni di Surabaya atau pada tingkat distributor.

Di Ambon sekarang ini ada 35 RPK, dengan demikian pedagang bisa langsung membeli ke RPK atau langsung ke Bulog, setelah itu langsung dipasarkan dengan Rp14.000/kg dengan menarik keuntungan Rp1.500 tiap kilo gram gula.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *