Hapus Komik Mesum, BBM Pertanyakan Kinerja Webcomics

Jakarta – BlackBerry Messenger (BBM) mengaku telah menghapus sejumlah komik bernuansa pornografi di platform layanannya sesuai permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Selain itu, layanan messaging yang kini dikelola oleh Group Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) ini juga langsung mereview kinerja Webcomics, selaku mitra pihak ketiga penyedia komik yang bermasalah itu.

Menurut Vice President BBM Adrian Anwar, ketika pihaknya menerima laporan soal penemuan komik bernuansa mesum itu, BBM langsung gerak cepat melakukan review. Adrian juga mengaku sudah ada beberapa komik yang diturunkan dari layanan Webcomics.

“Mengenai laporan yang ada, kami langsung me-review Webcomics. Sampai hari ini sudah menurunkan beberapa komik yang diindikasikan konten yang tidak baik,” ujar Adrian melalui sambungan telepon dengan detikINET, Kamis (21/9/2017).

Namun Adrian mengatakan belum mengetahui secara pasti berapa jumlah komik yang diturunkan tersebut. Sejauh ini BBM masih terus melakukan review komik yang ada di layanan Webcomics, lembar demi lembar.

“Kami sedang review dengan tim editorial dan konten. Dipastikan edisi ini tidak ada lagi serupa seperti yang terjadi kemarin,” imbuhnya.

“Selanjutnya konten yang akan di-publish nanti lebih memperhatikan judul dan semuanya, karena ini gambar jadi tidak bisa search text. Kita akan lebih baik lagi sistem kurasinya,” jelas Adrian.

Meski telah bergerak cepat melakukan review dan menurunkan komik yang dianggap tak senonoh, Adrian berkilah laporan yang muncul sifatnya masih indikasi. Rencananya pihak BBM akan menghadap Kementerian Kominfo untuk membahasnya lebih lanjut.

“Besok kita akan menghadap ke Kementerian Kominfo untuk membahasnya. Ini baru indikasi. Belum ada keputusan, apakah itu benar konten negatif. Itu baru akan didiskusikan,” pungkasnya. (DMS-detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *