Harga Sayur Mayur di Pasar Mardika Masih Bertahan di Level 10 Ribu

Harga sayur mayur yang dijual para pedagang di pasar Mardika maupun  sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon terpantau bertahan di level 10 ribu per ikat. Para pedaganag tidak berani menaikan harga terlalu tinggi agar sayur yang dijual tetap diminati warga.

Harga sayur ini cuku bertahan lama karena harga jual petani masih sama dikisaran 6000 hingga 7000 perikat, bertahanya harga sayur di tingkat petani disebabkan musim hujan sehingga produksi sayur sangat sedikit karena gagal panen.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Mardika, Nursani mengakui, harga beberapa sayur telah mengalami kenaikan, karena dipengaruhi oleh cuaca hujan yang belakangan mengguyur kota Ambon

Ia menyebutkan sayur kangkung segar, sebelumnya dijual 6000 ribu per ikat, naik menjadi Rp.8000 hingga 9000 per ikat,  demikian halnya sayur sawi harga beli ditingkat petani 8000 per ikat dijual dengan harga10.ribu hingga 12 ribu per ikat.

Untuk cabai merah keriting dijual di harga Rp.60 ribu per kilogram (kg), keriting ijo 30 ribu per (kg), sedangkan untuk cabai merah rawit di angka 75 hingga Rp.80 ribu per kg.

Saat ini, kondisi cuaca tidak menentu, membuat pasokan berkurang karena ada beberapa komoditas sayur yang gagal panen.

salah satu pedagang Cabe di pasar Mardika Zayn Tuanani, mengakui tingginya harga cabe keriting karena stok yang ada pada tingkat distributor sangat berkurang dan hal ini telah berlangsung sebelum bulan puasa.

Kurangnya stok cabe dari Pulau Jawa termasuk beberpa daerah di Maluku akibat musim penghujan yang mengguyur wilayah ini terus menerus selama tiga bulan terakhir.

Bawang putih turun dari harga dari sebelumnya Rp.42 ribu menjadi Rp.26 ribu.Kenaikan jusrtu terjadi pada bawang merah dari harga sebelumnya Rp.24 ribu naik menjadi Rp 31 ribu, kenaikan bawang merah karena stok mulai menipis

Hasil pantaun di Pasar Mardika, secara umum harga kebutuhan pokok masih ada pergerakan kenaikan antara Rp 1000 sampai Rp 2.000.

Beberapa waktu lalu sempat terjadi kenaikan harga khususnya komoditi bawang putih. Namun, menjelang hari raya Lebaran ini harga bawang putih sudah mulai stabil.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *