Harga Telur Ayam Ras di Ambon Bervariasi

Ambon – Harga telur ayam ras yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, Jumat, bervariasi mulai dari Rp1.500 hingga Rp1.600/butir.

Abu, pedagang yang ditemui di pasar Mardika, Jumat, mengatakan harga telur ayam ras masih seperti biasa hanya saja bervariasi sebab dijual sesuai ukuran besar kecilnya telur.

Ia mengaku harus memisahkan ukuran yang besar dan kecil dan dipatok dengan harga yang berbeda supaya bisa mendapatkan keuntungan, pasalnya harga perikat di tingkat agen juga cukup mahal.

Selain itu, lanjutnya, setiap ikatan yang isinya 180 butir belum tentu semuanya baik, ada saja yang rusak maupun pecah yang dapat merugikan.

Pedagang lain, Rustam, mengatakan dirinya menjual telur ayam ras yang ukuran besar Rp1.600/butir sebab di setiap ikatan pasti saja ada telur yang rusak.

Supaya tidak merugi terpaksa ia jual menurut ukuran, karerna sudah pasti setiap ikat akan merugi enam hingga delapan buah telur yang rusak, baik pecah maupun busuk.

Menurut Rustam  rusaknya telur di setiap ikat sudah menjadi risiko, sebab saat dibeli dari tingkat agen juga dengan ukuran ikatan, dimana satu ikat terdapat 180 butir telur.

Inang, agen pemasok telur dari Surabaya yang ditemui di tokonya di kawasan pasar Mardika, mengakui harga telur ayam masih bertahan di tingkat agen pemasok yakni Rp255.00/ikat (180 butir).

Dengan harga tersebut, dipasar sudah pasti para pedagang menjual dengan harga Rp1.500 hingga Rp1.600/butir. Ada juga yang menjual dengan harga Rp1.700/butir dengan alasan telurnya besar-besar.

Menurutnya, masyarakat Kota Ambon selama ini sudah terbiasa dengan patokan harga telur yang selalu bervariasi yang terjadi paling lambat tiga hari sudah terjadi lagi perubahan harga. (DMS-Antara)

Harga Telur Ayam di Ambon Bergerak Naik

Harga Kebutuhan Pokok di Ambon Normal

Disperindag: Harga Kebutuhan Pokok di Ambon Normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *