Saturday 17th February 2018

Hari ini Jenderal Gatot Serahkan Tongkat Komando ke Marsekal Hadi

Jakarta – Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12) kemarin. Hari ini, Hadi akan menerima secara resmi ‘tongkat komando’ Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo.

Serah-terima jabatan Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Marsekal Hadi Tjahjanto akan digelar Sabtu (9/12/2017) pagi di Mabes TNI. Sebelum sertijab dilakukan, Jenderal Gatot akan ‘berpamitan’ kepada para petinggi di jajaran Mabes TNI dalam acara exit briefing.

“Sertijab mulai berangkai pukul 09.00 WIB, exit briefing dulu kepada komandan-komandan satuan,” ujar Kapuspen TNI Brigjen Sabrar Fadhilah saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (8/12/2017).

Rangkaian sertijab akan digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Setelah Jenderal Gatot berpamitan kepada para komandan satuan, akan ada pembacaan memorandum sertijab Panglima TNI kepada Marsekal Hadi.

“Kemudian pembacaan memorandum. Lalu tanda tangan sertijab, upacara di depan pasukan,” terang Fadhilah.

Apel sertijab digelar di hadapan pasukan dari seluruh matra. Biasanya para petinggi dan komandan tiap-tiap satuan akan hadir dalam acara ini.

Selain itu, mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan menyerahkan kunci rumah dinas kepada Marsekal Hadi Tjahjanto. Hal itu akan dilakukan seusai serah-terima jabatan.

“Saya menyampaikan undangan bahwa besok jam 09.00 WIB sertijab Panglima TNI di Mabes TNI,” kata Gatot seusai pelantikan Hadi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (8/12).

Acara sertijab bakal dilanjutkan dengan syukuran atas dilantiknya Hadi menjadi Panglima TNI yang baru. Setelah itu, barulah akan ada penyerahan kunci rumah dinas Panglima TNI.

“Setelah syukuran nanti, Pak Hadi sama-sama meninjau rumah, penyerahan kunci rumah di Wisma Ayadi,” kata Gatot.

Gatot saat ini tinggal di rumah di Raffles Hills Cibubur.

Seperti diketahui, Marsekal Hadi akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara sore nanti sebagai Panglima TNI. Pria yang masih menjabat sebagai KSAU itu telah mendapatkan persetujuan DPR melalui pengambilan keputusan di sidang paripurna kemarin, Kamis (7/12). (DMS-detik.com)

No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us