Hasil Rakernas PDIP : Ada Poin Pembangunan Maluku

Ambon-Ketua DPD PDIP Maluku yang juga Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae mengatakan, ada sejumlah poin penting yang menjadi  hasil dari Rakernas partai PDIP. diantaranya termasuk pembangunan provinsi Maluku dalam berbagai bidang pembangunan.

Dijelaskan Huwae, hasil Rakernas PDIP tersebut tertampung untuk nantinya menjadi perjuangan bersama baik partai maupun pemerintah pusat, sebab poin-poin yang dihasilkan tersebut harus mampu memberikan dampak nyata sebagai tujuan akhir pemerintah pusat.

Poin-poin yang menjadi hasil Rakernas diantaranya perjuangan provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan, selanjutnya bagaimana  menyelesaikan persoalan blok masela yang hingga kini belum ada jalan keluar yang pasti terkait dengan PI 10%. Kemudian persoalan provinsi Maluku dijadikan sebagai lumbung ikan nasional yang hingga kini masih hanya menjadi wacana.

Ketiga persolan tersebut merupakan hal fundamental yang telah disepakati dalam Rakernas PDIP untuk diperjuangkan dan diharapkan akan menjadi gol di pemerintah pusat.

Diakuinya,itu juga berkaitan erat dalam penjabaran UU nomor 23  tahun tentang  pemerintah daerah dimana juga mengatur tentang provinsi kepulauan yang dalam implementasi aturan belum mengakomodir luas lautan dalam perhitungan dana alokasi.

Dengan adanya realita di blok Masela maka pemerintah provinsi Maluku meminta agar pembangunan dilakukan di di darat sehingga dapat berdayakan masyarakat dan pemerintah pusat telah merestui untuk memberikan hak pengelolaan PI 10%.

Sehubungan dengan anggaran modal awal yang harus disiapkan oleh pemerintah provinsi Maluku, tergantung pemerintah provinsi Maluku dalam hal ini gubernur Maluku untuk menyikapinya sementara DPRD provinsi Maluku mengusulkan untuk mencari pihak pembiayaan yang menguntungkan.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *