Hasil UKG Susulan Kota Ambon Meningkat

Ambon-Kepala dinas pendidikan kota Ambon, Benny Kainama menjelaskan UKG susulan yang dilakukan pada bulan Desember 2015 lalu, secara keseluruhan untuk provinsi  Maluku pihaknya  belum mengetahui dengan jelas hasilnya, namun untuk kota Ambon dari pengamatan ujian susulan tersebut kota Ambon  masih lebih baik jika dibandingkan dengan kabupaten lannya di Maluku.

Rata-rata hasil UKG yang diperoleh nilai hampir 5. Hal tersebut menandakan bahwa kompetensi kota Ambon makin membaik dari kabupaten lainnya di Maluku.

Dijelaskan UKG susulan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 6 tersebut  diakuinya belum final penilaian.Walaupun demikian dari hasil pengamatannya,jumlah nilai meningkat dari tahun sebelumnya dari nilai 3 koma menjadi hampir 5.

Menurut Kainama, itu merupakan hasil yang cukup baik, karena sejauh ini ada usaha keras yang dilakukan oleh para guru guna mengimbangi kualitas sebagai guru di kota Ambon.

Selain usaha dan kerjakeras guru masih ada yang perlu mendapat perhatian yaitu pertajam ketrampilan IT. Karena selama ini menurutnya, masih ada guru yang gagap teknologi, padahal ujian UKG maupun hampir seluruh ujian untuk waktu sekarang menggunakan jasa online. JIka guru tidak mempersiapkan diri dengan baik belajar teknologi maka secara otomatis akan tertinggal.

Dirinya mencontohkan, waktu yang diberikan untuk UKG adalah 2 jam,dalam rentang 2 jam tersebut, 100 soal harus terjawab, jika hanya 60 yang terjawab, maka sisa soal 40 tidak terjawab, itu sudah mempengaruhi penilaian. Dengan demikian dirinya mengharapkan agar guru di kota Ambon semakin memperhatikan ketrampilan IT, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu yang positif.

Kainama menambahkan, ketrampilan IT memang bukan merupakan satu-satunya faktor peningkatan mutu guru karena yang menjadi tujuan utama kompetensi UKG adalah unsur pedagogik dan profesional dari guru yang bersangkutan.Sementara mutu atau kualitas dapat terlihat dan tergambar dengan jelas lewat presentase siswa yang dididik  dapat diterima di Perguruan Tinggi.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *