Ibu, Tolong Letakkan HP Saat Makan Bersama

Jakarta-Kaum ibu yang punya keinginan untuk bisa dekat dengan anaknya disarankan untuk menyisihkan telepon genggam dan tabletnya saat makan malam bersama. Saran tersebut diutarakan berdasarkan hasil studi terbaru.

Penelitian menemukan ibu yang kerap diusik bunyi dari telepon genggamnya saat makam malam berpotensi sulit berhubungan dengan anak-anaknya.

Jenny Radesky, instruktur klinis dari bagian perkembangan dan perilaku anak di Boston University School of Medicine, mengatakan ibu yang asik menggenggam teleponnya saat makan malam akan kehilangan perhatiannya ke anak. Penggunaan telepon genggam atau tablet saat makan malam berhubungan dengan berkurangnya 20 persen komunikasi verbal dan 30 persen komunikasi non-verbal antara orang tua dengan anak.

Ibu yang lebih asik berkutat dengan telepon genggamnya saat makan juga ditemukan akan tidak terlalu memberi dorongan ke anak-anaknya, seperti dikutip dari US News, Jumat (19/12).

Peneliti lain dari Winthrop-University Hospital, Ron Marino, mengatakan tidak terkejut dengan temuan itu. Ia melihat saat koneksi orang dengan telepon genggam atau tabletnya sudah sangat tinggi. ”Mengakibatkan terabaikannya relasi dengan manusia yang sesungguhnya ada di depannya,” kata dia.

Anak-anak, dikatakan Marino, harus memiliki hubungan fisik secara emosional dan kehadiran verbal dari orang tuanya. Ketika ibu justru lebih asik dengan media elektroniknya, kesempatan ibu untuk membangun kemampuan bercakap anak dan kognisi sosial anak justru jadi dikesampingkan atau bahkan hilang. REPUBLIKA.CO.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *