IMM desak Kapolres Buru tangkap sekertaris dinas perhubungan Buru Selatan

AMBON-Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah provinsi Maluku, desak Kapolres Buru segera melakukan penahanan bagi sekertaris dinas perhubungan, informasi dan komunikasi kabupaten Buru Selatan, Agus Raharusun karena dinilai telah melakukan pelanggaran hukum berupa tindak kekerasan bagi wartawan koran harian Siwalima, Elvis Lahallo.

Sekertaris IMM provinsi Maluku, Ismail Borut menilai tindakan kekerasan bagi pekerja Pers merupakan bagian dari pelanggaran hukum yang diatur dalam undang-undang pidana tentang tindak kekerasan maupun melanggar undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Pasalnya, tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Agus Raharusun terhadap Elvis Lahallo berkaitan dengan kerja Pers dalam hal ini masalah pemberitaan tentang tindakan Raharusun yang melakukan penyegelan kantor dinas perhubungan informasi dan komunikasi Buru Selatan.

IMM telah mendapat data tentang kasus ini dimana tindakan kekerasan yang dilakukan Raharusun bukan karena pemberitaan melalui media koran harian Siwalima melainkan media cetak yang lain. Sementara Ekvis diketahui berprofesi sebagai wartawan harian Siwalima. Dengan demikian yang dilakukan Raharusun sangat melanggar hukum dan dikategori sebagai penghambatan tugas wartawan yang sangat dilarang keras oleh Undang-undang Pers.

Borut meminta Kapolres Buru melalui Kapolsek Namrole, kabupaten Buru Selatan segera menahan Agus Raharusn dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Kasus tindak kekerasan terhadap Elvis Lahalo, wartawan koran harian Siwalima terjadi pada tanggal 13 Desember 2014 lalu, di kota Namrole, kabupaten Buru Selatan. Kasus ini bermula dari adanya pemberitaan tentang tindakan penyegelan kantor dinas perhubungan, informasi dan komunikasi kabupaten Buru Selatan.

Seperti diketahui hingga saat ini belum terlihat adanya sikap serius dari Kapolsek Namrole dalam melakukan proses hukum kasus ini. Sementara tindak kekerasan yang dilakukan Agus Raharusun bagi Elvis Lahallo mengakibatkan  korban mengalami memar pada bagian wajah.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *