Jaksa Masuk Sekolah Siswa Diajak Melek Hukum Sejak Dini

kegiatan pengenalan hukum di SMA Negeri 1 Ambon,Senin (20/11) pagi. Kegiatan yang dikenal dengan istilah Jaksa Masuk Sekolah (JMS),  orientasinya lebih kepada kalangan pelajar.

Ambon-Kejaksaan Tinggi Maluku, menggelar kegiatan pengenalan hukum di SMA Negeri 1 Ambon,Senin (20/11) pagi. Kegiatan yang dikenal dengan istilah Jaksa Masuk Sekolah (JMS),  orientasinya lebih kepada kalangan pelajar.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Maluku, Eryl Putra Prima Agoes bertindak selaku inpspektur upacara sekaligus memberikan sosialisasi dan pengenalan hukum kepada kalangan siswa SMA 1 Negeri Ambon.

Wakajati didampingi  Kasi Penkum Kejati Maluku Samy Sapulette serta beberapa pegawai Kejati Maluku

Eryl Putra mengatakan, pelaksanaan program JMS dilatarbelakangi oleh banyak ditemukan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para pelajar, permasalahan tersebut di antaranya yakni masih tingginya tingkat kekerasan (Tawuran) yang dilakukan maupun dialami oleh pelajar masih rendahnya tingkat kesadaran hukum di kalangan pelajar, rentannya pelajar menjadi korban penyelahgunaan narkoba, obat-obatan terlarang dan perdagangan orang, serta munculnya paham-paham yang menimbulkan disintegrasi bangsa dan melunturkan nasionalisme dan kepercayaan agama di kalangan pelajar.

Pada kesempatan tersebut, Wakajati  mengajak para siswa melek hukum, dan tidak melakukan hal-hal yang yang berakibat hukum, seperti terlibat narkoba dan miras,maupun tindak pidana umum lainya, terutama penggunaan telepon pintar (handphone) i untuk menyebarkan berita negatif yang sifatnya hoax.

Menurutnya, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan secara positif seperti mencari berbagai referensi ilmu pengetahuan melalui handphone, untuk menambah wawasan keilmuan.

Kepala SMA Negeri 1 Ambon C Mustamu menyambut baik kegiatan JMS. Mustamu berharap melalui kegiatan Jaksa Masuk Sekolah para siswa dapat lebih melek hukum sehingga berdampak melakukan hal-hal yang merugikan, mengingat SMA Negeri 1 Ambon merupakan salah satu sekolah unggulan yang telah melahirkan banyak pemimpin di daerah maupun Pusat.

Menurutnya peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu agenda penting SMA Negeri 1 Ambon agar anak bangsa di Kota Ambon tidak kehilangan jati diri.

Kejaksaan Republik lndonesia sebagai lembaga penegak hukum, memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka mendukung dan berkontribusi mewujudkan nawacita kedelapan Pemerintahan Presiden Jokowi-JK. Wujud nyata peran dan tanggung jawab Kejaksaan terhadap masa depan bangsa tersebut antara lain melalui kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum Program Jaksa Masuk Sekolah.

Pelaksanaan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini mengacu kepada Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor KEP-184/A/JA/11/2015 tanggal 18 November 2015 tentang Pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan RI.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *