Jalan Lintas Seri-Hukurila Habiskan Anggaran 177 Miliar

Ambon-Kepala dinas Pekerjaan Umum kota Ambon, Brury Nanulaitta menyatakan, pemerintah kota  Ambon melalui dinas Pekerjaan Umum kota Ambon akan melaksanakan pembangunan jalan lintas dari arah dusun Seri, negeri Urimessing, kecamatan Nusaniwe menuju negeri Hukurila, kecamatan Leitimur Selatan. Pelaksanaan pembangunan tersebut akan dilakukan dalam tahun 2016.

Menurut dia, pembangunan jalan lintas dusun Seri menuju  Negeri Hukurila panjang total 16 km  dengan 5 jembatan di dalamnya. sehingga dengan demikian masyarakat akan memperoleh akses jalan, serta  bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sesuai rencana pembangunan jalan ini akan dilaksanakan mulai dari dusun Seri melewati dusun Mahia, desa Naku, desa Kilang dan degeri Hukurila. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan  sosialisasi kepada tokoh masyarakat sebelum pembangunan jalan dilaksanakan.

Dia mengatakan, pembangunan jalan lintas ini akan menggunakan dana sharing antara pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah kota Ambon sebesar Rp 177 Miliar, dimana pembangunan jalan akan dilakukan oleh pemerintah provinsi Maluku dan jembatan akan dilakukan oleh pemerintah kota Ambon. Ditambahkannya,pembangunan tersebut membutuhkan anggaran yang besar sehingga harus ada dana sharing.

Dia menjelaskan, pembangunan jalan akan dilaksanakan dalam jangka waktu tiga tahun anggaran,penangan dilakuan tahun 2016, 2017 dan 2018.  sehingga sosialisasi dan survey masih harus dilakukan sebelum penetapan lokasi-lokasi yang akan dilakukan untuk   pembuatan jalan tersebut, pasalnya  pembangunan jalan ini pasti  melewati setiap lahan milik masyarakat karena itu  perlu pendekatan sebelum dilakukan pembangunan.

Sementara itu, kepala urusan pemerintahan negeri Urimessing Boby Pesiwarissa mengaku, pihaknya mendukung secara tegas pembangunan jalan lintas dusun Seri menuju negeri Hukurila, karena  dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Diakuinya, pembangunan jalan ini sudah dibutuhkan masyarakat, karena selama ini masyarakat yang berada di dusun Seri maupun dusun Mahia merasa belum merdeka.Jalan ini akan mempermudah masyarakat untuk menjual hasil kebun, karena selama ini masyarakat melakukan perjalanan yang jauh untuk sampai di kebun miliknya.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *