Saturday 17th February 2018

Jelang Etape V TdM, Pantai Namalatu Yang Jadi Titik Start Belum Disiapkan

By: On:

Ambon- Jumat (22/9), Pantai Namalatu di Negeri Latuhalat akan dijadikan sebagai lokasi start etape V Tour de Mollvcas (TdM). Namun hingga Kamis, (21/9) sore, lokasi tersebut ternyata belum disiapkan.

Pantai Namalatu terlihat sepi dan tidak ada tanda-tanda kalau pantai ini akan dijadikan sebagai titik start sebuah lomba balap sepeda berskala internasional.

Tim Carang 8 yang ingin memantau langsung persiapan dilokasi, tidak menemukan satupun panitia penyelenggara. Tidak ada tenda ataupun panggung yang disiapkan layaknya untuk sebuah event lomba balap sepeda yang diikuti pebalap internasional.

Padahal etape kelima yang dijadwalkan mengambil start dari Pantai Namalatu adalah merupakan etape pamungkas dari seluruh rangkaian TdM 2017 yang diselenggarakan sejak 18 September.

Di pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata Kota Ambon ini hanya ada tiga baliho berisi ucapan selamat datang dari Gubernur Maluku dan Walikota Ambon, serta beberapa spanduk ukuran kecil yang dipancang setinggi 1,5 meter.

Beberapa pedagang yang berjualan di Pantai Namalatu bahkan tidak mengetahui dengan pasti apakah start akan di lakukan di dalam area wisata atau di depan pintu masuk Pantai Namalatu.

Rute yang akan dilewati oleh para pebalap mulai dari Pantai Namalatu dan melewati beberapa negeri di Kecamatan Nusaniwe pun belum disterilkan. Disepanjang jalan masih  terlihat gundukan tanah maupun genangan air serta rongsokan kendaraan di sisi kiri-kanan jalan.

Hewan peliharaan milik warga pun dibiarkan berkeliaran ditengah  jalan . Hal ini tentu akan mengancam keselamatan para pebalap mengingat kecepatan laju sepeda antara 60-70 km/jam.

Ayah, salah seorang sopir angkot jurusan Latuhalat mengaku pasrah terkait rencana penutupan jalan selama berlangsungnya lomba, mulai Jumat pagi pukul 8:00.

Menurutnya, kendati berdampak bagi aktifitas warga kota Ambon, namun hal ini harus tetap didukung agar lomba etape terakhir ini bisa berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu, sepert diberitakan sebelumnya, Kepolisian Daerah Maluku telah menggelar simulasi pengamanan etape V Tour de Mollvcas.

Simulasi pengamanan dilakukan dengan menempatkan personil Polri dibantu TNI mulai dari titik start di Pantai Namalatu hingga sepanjang rute yang dilewati para pebalap.

Kepolisian daerah Maluku juga telah menghimbau warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, sapi dan kambing untuk dikandangakan semantara. Warga dihimbau untuk tidak mengikat ternaknya di pinggir jalan karena dapat mengganggu kelancaran lomba.

  1. Etape I TdM dimulai pada 18 September di Piru Ibukota Kabupaten Seram Bagian Barat menuju Kota  Masohi – Maluku Tengah dengan jarak  179,9 km.
  2. Etape II (Wahai- Bula) menempuh jarak 155,8 km,
  3. etape III (Bula-Wahai) 153,8 km,
  4. Etape IV (Masohi-Waipirit) 1.41,5 km
  5. Etape V  dari Pantai Namalatu, Latuhalat Kecamatan Nusaniwe menuju ke Passo hingga kembali lagi ke pusat kota Ambon dan memutar sebanyak 7 kali dengan jarak 82.9 Km hingga finish di depan Gong Perdamaian Dunia.DMS

No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us