Kantor Terendam Banjir, Pelayanan Disdukcapil Kota Ambon Terganggu

Ambon- Pelayanan administrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon, Senin (25/9) terpaksa dihentikan untuk sementara, karena kantor yang terletak di Jalan Joseph Kam  kawasan Belakang Soya tersebut, terendam banjir.

Ruang sentra utama layanan kependudukan merupakan yang paling parah terkena dampak banjir. Sejumlah dokumen penting dan peralatan vital seperti komputer tidak dapat difungsikan.

Terendamnya kantor Disdukcapil tersebut akibat tingginya curah hujan yang terjadi pada Sabtu (23/9) malam dan menyebabkan saluran air di lokasi tersebut tidak berfungsi.

Kepala Kantor Disdukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa mengakui, aktifitas layanan terpaksa dihentikan untuk sementara karena para pegawai diarahkan untuk membersihkan sisa lumpur yang menggenangi hampir seluruh ruangan serta sampah sisa banjir.

Haurissa mengakui peristiwa ini merupakan yang kesembilan kalinya terjadi. Penyebabnya karena selokan yang ada belakang kantor tersebut  tidak  berfungsi dengan baik akibatnya air meluap hingga masuk ke dalam kantor.

Blanko e-KTP sementara diungsikan dan dibersihkan agar bisa tetap digunakan. Selain blanko, banjir turut merendam beberapa perangkat komputer serta server pencatatan kependudukan.

Haurissa belum dapat memastikan berapa jumlah keruggian akibat musibah banjir tersebut. Namun dapat dipastikan sejumlah dokumen dan peralatan penunjang rusak dan tidak dapat difungsikan. Kendati demikian pelayanan pengurusan dokumen kepada masyrakaat dapat dilakukan secara manual.

Karena itu, kepada warga yang ingin melakukan pengurusan administrasi kependudukan, Haurissa berharap agar dapat memaklumi kondisi ini.

Seperti diketahui akibat hujan lebat yang turun pada Sabtu malam menyebabkan sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon, terendam banjir.

Hujan deras disertai angin sejak pukul 18.00-19.00 WIT, selain merendam sejumlah kawasan penduduk juga mengakibatkan kondisi arus lalu lintas di Jalan Ay. Patty, Jalan Sultan Babullah dan Jalan Jenderal Sudirman terganggu.

 

Curah Hujan Deras disertai Angin

Menurut informasi dari BMKG Stasiun Pattimura Ambon, untuk hari Sabtu hingga Senin (5/9) curah hujan deras disertai angin diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIT.

BMKG juga mengingatkan warga yang mendiami kawasan bukit dan penggunungan mewaspadai bahaya longsor yang dapat terjadi sewaktu-waktu akibat hujan.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *