Kecamatan Nusaniwe Terbitkan 30 Ijin Usaha Mikro Kecil

Ambon-Camat Nusaniwe, Roby Talakua menyatakan, pihaknya telah menerbitkan sekitar 30 ijin bagi pengusaha mikro kecil yang berada di lingkup kecamatan Nusaniwe.

Dijelaskan Talakua,penerbitan ijin tersebut dilakukan karena sampai saat ini makin banyak pengusaha mikro yang menyadari arti penting dari ijin usaha kecil. Dengan kata lain, ada respon positif dari warga yang memiliki usaha kecil dalam melegitimasi usaha yang dimiliki.

30 usaha kecil tersebut menurut Talakua adalah usaha yang menjual keperluan sehari-hari seperti usaha kios yang menjual bahan pokok atau sembako, warung makan atau kuliner, dan  menjual minyak tanah.

Sebagai camat, Talakua mengakui sangat berempati dengan perilaku pengusaha kecil di lingkungannya atas kesadaran yang dimanifestasikan lewat  ijin usaha mikro.

Proses pembuatan ijin diakui Talakua mengikuti alur proeses dimana pelaku usaha yang ada wajib memasukan usulan untuk selanjutnya berproses di kantor kecamatan. Setelah melalui proses di kantor kecamatan, pihaknya akan meneruskan berkas tersebut ke dinas koperasi kota Ambon. Setelah dilegalisir, pelaku usaha akan mendapatkan kartu IUMK, yaitu sejenis kartu ATM guna memudahkan pelaku usaha mengembangkan usaha.

Walaupun demikian masih ada kekurangan dalam proses menerbitkan ijin usaha, yaitu minimnya sarana komputer yang dimiliki. Oleh sebab itu, dirinya juga berharap agar dinas koperasi kota Ambon dapat melihat hal tersebut untuk menyediakan fasilitas dan sarana pendukung komputer sehingga proses penerbitan ijin dapat secara langsung diterbitkan oleh pihak kecamatan tanpa harus melalui dinas koperasi.Dalam prosesnya,pihaknya bekerjasama dengan pihak telkomsel serta bank BRI sehingga kartu IUMK dapat digunakan sesuai dengan keperluan dan aturan yang berlaku.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *