Kelulusan Seleksi Penerimaan CPNS Tak Sampai Lima Persen, Mutu Pendidikan di Maluku Harus Ditingkatkan

Ambon-Lembaga pendidikan di Maluku, terutama pada jenjang perguruan tinggi diharapkan lebih memperhatian mutu pendidikan, agar mampu menghasilkan SDM yang berkualitas.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Priyadi saat melakukan peninjauan langsung pelaksanaan test seleksi penerimaan CPNS di lingkup Kemenkumham Maluku yang diikuti kurang lebih enam ribu peserta.

Priyadi mengatakan dari hasil tes sementara yang dilaksanakan oleh Kemenkumham Provinsi Maluku, tingkat kelulusanya sangat rendah yaitu kurang dari lima persen. Tingkat kelulusan ini masih sangat jauh untuk memenuhi kuota yang ditetapkan oleh pemerintah pusat bagi daerah Maluku. Hal ini menunjukan mutu dan kualitas lulusan perguruan tinggi di Maluku masih sangat rendah.

Baca Juga: Rendahnya Mutu Pendidikan Di Maluku, Akibat Kurangnya Tenaga Guru

Para peserta ujian seleksi Sistem Kompetensi Dasar (SKD) tingkat Sarjana berbasis Computer Assesment Test (CAT), mulai hari pertama hingga memasuki hari ketiga, jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi masih sangat rendah. Ia mengaku sangat prihatin karena ditakutkan kuota yang diberikan untuk Maluku sebanyak 198, tidak akan tercapai akibat banyaknya pelamar kategori S1 yang tidak lulus seleksi.

Oleh karena itu Priyadi memintah pemerintah daerah bersama perguruan tinggi di provinsi Maluku segera melakukan pembenahan secara menyeluruh, terkait pola pengajaran dan ilmu yang diberikan kepada mahasiswa, sehingga mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang berkualitas.

Selaku Kakanwil Kemenkumham Maluku, Priyadi, mengatakan telah memberikan penegasan kepada panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di wilayah agar terus bekerja secara Konsisten sesuai aturan untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang bebas pungli, korupsi dan non-diskriminasi dalam melakukan tahapan seleksi

Reformasi Birokrasi

Seleksi penerimaan CPNS kali ini dilaksanakan dengan mengedepankan motto “Kami Pasti melayani  secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif  Untuk Memastikan Reformasi Birokrasi Yang Bersih Tanpa Pungli dan Bebas KKN”.

Seperti diketahui, dari jumlah 8.940 pelamar yang mendaftar lewat sistem online, sebanyak 6.980 pelamar dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti tahap selanjutnya pada seleksi penerimaan CPNS pada kantor Kemenkumham Maluku.DMS

 

BKD Provinsi Maluku Bantah Pemprov Lakukan Seleksi Penerimaan CPNS

ASN Terlibat Ormas Anti Pancasila Akan Diberi Sanksi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *