Kemajuan Transportasi Dan Komunikasi Tingkatkan Kwalitas Pendidikan

Ambon-Lambatnya kemajuan Transportasi dan komunikasi pada satu daerah maka akan mempengaruhi kwalitas dan kemajuan pendidikan di daerah tersebut. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan saat menghadiri kegiatan Festival Pendidikan Maluku 2016 yang digelar di Taman Budaya Karang Panjang, Ambon Jumat pagi.

Baswedan menjelaskan ketimpangan dalam dunia pendidikan merupakan akibat dari dampak ketimpangan transportasi komunikasi sehingga untuk membereskan pendidikan harus dimulai dengan gerakan bersama oleh seluruh komponen baik itu pemerintah didaerah dan terutama para guru untuk lebih terbuka dalam memberikan akses pendidikan bagi masyarakat.

Dirinya menilai Maluku merupakan daerah yang mampu membereskan ketimpangan melalui keterbukaan guna memberikan peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi.

Hal tersebut menurutnya ditandai dengan peluncuran website dimana masyarakat dapat mengakses seluruh informasi terkait pendidikan lewat website. Dengan memperhatikan letak geografis Indonesia, maka presiden Joko Widodo untuk saat ini memfokuskan perhatian kepada daerah pesisir, pedalaman, pegunungan. Sehingga yang perlu dilakukan oleh kementrian dalam kaitannya adalah merevisi kurikulum sebagai komponen memunculkan kebinekaan  dalam konteks pendidikan.

Untuk memajukan pendidikan menurutnya harus dimulai dengan diumumkan hasil ujian nasional maupun UKG dengan demikian akan terjadi pergerakan yang bertujuan untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia sehingga bukan saja penilaian terhadap hasil ujian tetapi juga peningkatan kompetensi guru.

Untuk ujian nasional sendiri menurut Baswedan, tidak lagi fokus pada ankga akademik tetapi indeks  integritas yang akan dilaporkan kepada setiap kabupaten kota dan provinsi.Untuk provinsi Maluku, kota Ambon cukup baik memilki indeks intergitas diatas 80, walaupun ada beberapa sekolah yang memiliki nilai indeks intergitas rendah.Sehingga dirinya tetap memberikan apresiasi bagi kota Ambon dan provinsi Maluku.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *