Kemenpora Siapkan 1000 Paket Bagi Wira Usaha Muda Pemula

Ambon-Di Indonesia, usaha-usaha untuk menanamkan jiwa dan semangat kewirausahaan diperguruan tinggi terus digalakan dan ditingkatkan, tentunya dengan berbagai metode dan strategi yang membuat mahasiswa tertarik untuk berwirausaha.

Sedikitnya ada enam usaha atau  cara dalam meningkatkan gema kewirausahaan bagi mahasiswa diantaranya, Pendirian Pusat  kewirusahaan Kampus, Entrepreneurship Priority, Pengembangan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) maupun Program Wirausaha Mandiri Untuk Mahasiswa.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Jonni Mardizal, pada acara Workshop Penumbuhan Minat Berwirausaha Pemuda yang diselenggarakan Universitas Pattimura Ambon dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga, mengajak  mahasiswa dan generasi muda di daerah ini untuk berwirausaha.

Menurutnya, Pemerintah mulai menerapkan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) kepada mahasiswa. Oleh karena itu saatnya mahasiswa memberikan gagasan dan sumbangsih sekaligus mempersiapkan diri untuk membuka lapangan kerja baru.

Program Pemberian Modal  Usaha Untuk Mahasiswa menurutnya telah banyak dikucurkan Pemerintah Pusat melalui berbagai Kementerian

Jonni mengatakan, Kemenpora melalui program Wirah Usaha Muda Pemula (WUMP) menyiapkan bantuan permodalan sebanyak 1000 paket atau sebesar Rp20.miliar. Ia mengaku pihaknya sudah berkeliling ke belasan kampus di Indonesia untuk menawarkan program permodalan untuk wirusahawan muda dari kalangan mahasiswa itu, dan kini tercatat 5.000 mahasiswa yang tertarik.

Jonni berharap, Perguruan tinggi sebagai salah satu mediator dan fasilitator terdepan  dalam membangun generasi muda mempunyai kewajiban, mengajar, mendidik, melatih dan memotivasi mahasiswanya sehingga menjadi generasi cerdas yang mandiri, kreatif, inovatif dan mampu menciptakan berbagai peluang usaha.

Perguruan tinggi juga hendaknya merubah arah kebijakan dari high Learning university and Research University menjadi Entrepreneurial University atau menyeimbangkan kedua arah kebijakan tersebut sehingga arah kebijakan keduanya tercapai baik yang bersifat high Learning university and Research University maupun yang bersifat Entrepreneurial University . Dengan paradigm change tersebut pada akhirnya akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda sukses yang akan mampu membangkitkan bangsa ini dari berbagai keterpurukan. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *