Saturday 24th February 2018

Kementrian Setujui Anggaran 400 Miliar Untuk Pembangunan Jalan Layang Batu Merah

By: On:

Ambon-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maluku, telah merampungkan hasil studi, kelayakan serta dokumen analisa dampak lingkungan (amdal), rencana pembangunan jalan layang Batu Merah termasuk  menyiapkan perencanaan pembangunannya.

Kepala Dinas PUPR Maluku Ismael Usemahu, mengatakan Kementerian PUPR menyetujui usulan mega proyek tersebut dengan mengucurkan anggaran sebesar Rp 400 miliar untuk pekerjaan tahap awal, termasuk sosialisasi kepada masyarakat sekitar lokasi pembangunan.

Dikatakan Usemahu, pembangunan Jalan layang yang direncanakan sepanjang 402 meter, lebar delapan meter yang terdiri dari dua jalur serta tingkat kelandaian tiga persen.

Saat ini pihaknya, tengah melakukan koordinasi dengan  pemerintah kota Ambon, guna membicarakan renacana relokasi warga yang rumahnya terkena dampak dari pembangunan fly over tersebut, mengingat lokasi pembangunan berada di wilayah pemerintah kota Ambon.

Ismael mengatakan, mega proyek yang dikerjakan bertahap selama tiga tahun dan diprogramkan rampung pada tahun 2019, sebagian besar anggarannya dibiayai dari APBN.

Dia mengatakan, pembangunan akan dilakukan bersama antara Dinas PU Maluku dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IX Maluku dan Maluku Utara mengingat status ruas jalan Jenderal Sudirman merupakan jalan nasional.

Fly over yang akan dibangun di kawasan Batu Merah menuju Soya Kecil tersebut juga akan dilengkapi dengan jalur underpass menuju ke terminal mardika dan belakang kota bagi angkutan umum.

Rencana pembangunan jembatan layang tersebut dengan tujuan utama mendukung penyelesaian jembatan Merah Putih yang membelah teluk Ambon, terutama mengatasi dan mengurai kepadatan kendaraan di ibu kota provinsi Maluku kususnya di kota Ambon.DMS

 

 

 

 

 

 




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us