Kepolisian Mendominasi Pelaporan Masyarakat Ke Ombudsman

Ambon-Kantor Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku mencatat sepanjang tahun 2017 telah menerima sebanyak 151 laporan pengaduan masyarakat, terkait pelayanan publik di daerah ini.

Kepala Kantor Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku, Hassan Slamet,  menjelskan dari laporan yang masuk, terbanyak didominasi oleh pelaporan terkait  mall administrasi yang dilakukan jajaran Kepolisian dari Polda hingga Polres.

Ia mencontohkan pelaporan masyarakat tentang seringnya Polisi membebaskan pelaku kriminal dan tidak memproses hukum padahal Polisi sudah dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian.

Diposisi kedua pelaporan mall administrasi oleh masyarakat menyangkut kinerja aparatur pemerintahan di Provinsi Maluku hingga maupun Kabupaten kota. Persoalan pendidikan menempati ketiga terbanyak  kasus mall administrasi oleh Kepala Sekolah, pada semua jenjang mulai SD hingga SMA/SMK.

Hasan Slamet menambahkan sehubungan mall adminsitrasi oleh pihak kepolisian, Ombudsman telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak kepolisian baik Polda maupun Polres guna menyelesaikan berbagai pelaporan dan temuan yang ada. Diharapkan kedepan pelayanan publik di jajaran kepolisian akan semakin lebih baik kepada masyarakat.

Hasan Slamet mengakui tingkat kepercayaan masyarakat atas keberadaan Ombudsman di Maluku semakin tinggi, hal ini dibuktikan dari banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke Kantor Perwakilan Ombudsman Maluku yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintahan di daerah ini termasuk kinerja Kepolisian.DMS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *