Ketum DPN PERADI Pimpin Prosesi Sumpah 13 Advokat Baru

Ambon-Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menggelar acara pengangkatan dan pengambilan Sumpah/Janji Advokat di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Maluku. Sebanyak 13 advokat resmi diangkat dan diambil sumpahnya sebagai advokat usai dinyatakan lolos Ujian Profesi Advokat, di Ambon.

Prosesi pengambilan sumpah dan pengangkatan advokat dipimpin langsung Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Juniver Girsang. Acara pengambilan sumpah yang digelar di Kantor Pengadilan Tinggi Maluku ini juga disaksikan oleh jajaran pengurus  PERADI Provinsi Maluku .

Pengucapan sumpah dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Maluku Respatun Wisnu Wardoyo.

Ketua DPN Peradi, Juniver Girsang menilai 13 advokat yang diambil sumpah telah memenuhi syarat untuk dilantik menjadi advokat.

Ia mengatakan peran advokat dalam penegakan hukum sangat penting. Advokat mengemban misi mulia membela kepentingan hukum warga negara dalam proses peradilan.

Pada perkembangannya saat ini peran advokat tidak lagi terbatas pada praktek di pengadilan tetapi juga mencakup pemberian jasa hukum lainnya seperti jasa konsultasi dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

Girsang berharap, para advokat yang baru dilantik dapat menjalankan profesinya secara profesional dengan berlandaskan pada hati nurani dan moral mereka masing-masing . Advokat harus menjadi profesi yang dibanggakan.

Para advokat diingtakan agar benar-benar memegang tanggungawab, memiliki dedikasi yang tinggi, disiplin dan menjalankan peran sesuai kode etik advokat

Dia mengaku, masih banyak advokat yang belum memenuhi syarat oleh karena itu Girsang menghimbau kepada advokat-advokat yang memenuhi syarat segera mendaftarkan diri supaya diambil penyumpahan agar mereka sempurna dalam melaksanakan tugas sebagai advokat.

Ketua Panitia pelaksana Dany Nirahua mengatakan, pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat selanjutnya diikuti dengan pelantikan pengurus DPD PERADI Ambon, sekaligus dengan pelantikan pengurus DPC PERADI Ambon, Tual, Masohi dan Saumlaki oleh Ketua DPN Peradi, Juniver Girsang.

Menurut Nirahua, pembentukan kepengurusan DPC PERADI Ambon, Tual, Masohi dan Saumlaki itu didasarkan keberadaan Pengadilan Negeri (PN).DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *