Komisi A DPRD Maluku Dukung Diberlakukannya Registrasi Nomor Ponsel

Ambon-Ketua Komisi A DPRD Maluku Melkias Frans menyambut baik  aturan bagi seluruh pengguna kartu seluler untuk melakukan registrasi nomor ponsel yang divalidasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga mulai 31 Oktober 2017.

Menurut Melkias kebijakan tersebut dinilai sebagai langkah postif dimana  nomor ponsel yang telah terdaftar akan mempermudah pelacakan terhadap orang-orang yang sengaja menyebarkan informasi hoax atau informasi menyesatkan.

Ia berharap kebijakan ini perlu di ditindaklanjuti dengan baik terutama kaitanya dengan hak masyarakat juga harus diperhatikandan dilindungi secara baik oleh pemerintah, dan bukan seenaknya saja dapat dilakukan penyadapan secara sembunyi-sembunyi tanpa ada izin tertulis dari pihak berwenang.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah dan operator seluler akan memberlakukan registrasi nomor ponsel yang divalidasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga mulai 31 Oktober 2017.

Penetapan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang merupakan perubahan Permen Nomor 12 Tahun 2016.

Registrasi berdasarkan data kependudukan ini menggunakan e-KTP sebagai rujukan utama database pelanggan seluler di Indonesia. Dengan begitu, data tidak bisa dipalsukan.

Adapun saat pengguna memasukkan nomor e-KTP dan nomor keluarga untuk registrasi sebuah kartu SIM, operator seluler akan memvalidasi berdasarkan database kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kemudian melakukan aktivasi nomor pelanggan.

Proses registrasi akan dinyatakan berhasil bila data yang dimasukkan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama tervalidasi di database kependudukan.

Pemerintah menargetkan operator telekomunikasi bakal selesai registrasi ulang pelanggan yang datanya belum tervalidasi paling lambat pada 28 Februari 2018.DMS

 

One Comment on “Komisi A DPRD Maluku Dukung Diberlakukannya Registrasi Nomor Ponsel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *