Komisi C DPRD Maluku Perjuangkan Raperda Minuman Sopi

Ambon-Komisi C DPRD Maluku, sedang menggodok rancangan peraturan daerah yang khusus mengatur minuman khas tradisional sopi untuk nantinya diolah menjadi jenis produk lain yang bernilai ekonomis dan bisa menunjang pendapatan warga.

Ketua komisi C DPRD Maluku, Anos Jermias, menyatakan sebagai wakil rakyat dirinya berkewajiban memperjuangkan agar perda tentang sopi, bisa diakui oleh pemerintah dan menjadi legal peruntukannya.

Komisi C menurutnya, telah mengagendakan untuk dalam waktu dekat membahas ranperda mengenai  sopi sehingga bisa  ditetapkan menjadi Perda. Dengan adanya Perda maka legalitas sopi bisa dijadikan sebagai bahan dasar produk bernilai ekonomis yang berdampak  tingkat pendapatan masyarakat semakin baik.

Daerah-daerah yang menghasilkan minuman jenis sopi, diantaranya di Pulau Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, maupun Kabupaten Maluku Barat Daya.

Menurut dia, orang Maluku dikenal sudah identik dengan minuman tradisional tersebut yang sering dipakai pada acara adat seperti pelantikan raja, pembangunan atau renovasi rumah adat, termasuk juga sebagai mata pencaharian masyarakat untuk digunakan menyekolahkan anak-anak mereka  dari hasil penjualan sopi.

Oleh karena itu jika nanti ada payung hukum dalam pengelolaan minuman jenis Sopi di Maluku,  maka masalah produksi, penjualan, atau peredarannya akan lebih mudah diawasi dan harga jualnya juga bisa meningkat di pasaran.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *