Komisi II DPR RI Cek Kesiapan Pemda dan Penyelenggara Pilkada di Maluku

Ambon-Komisi II DPR-RI melakukan kunjungan kerja ke Kota Ambon untuk mengecek langsung kesiapan penyelenggara Pilkada yang akan dilaksanakan pada bberapa wilayah di Maluku.

Anggota Komisi II DPR-RI, Komarudin Watubun, mengatakan  selain mengecek langsung kesiapan penyelenggara Pilkada, Komisi II DPR RI juga ingin mengevaluasi pelaksanaan Pilkada yang sukses dilaksanakan disejumlah daerah di Maluku beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Watubun, komisi II DPR RI telah mengadakan rapat bersama dengan pemerintah daerah maupun penyelenggara Pilkada yakni KPU,Bawaslu dan Panwas diseluruh kabupaten kota di Maluku.

Dari hasil rapat bersama, Komisi II DPR RI menilai secara umum pemerintah daerah Maluku dan seluruh perangkat penyelenggara telah siap untuk melaksanakan Pilkada serentak pada 2018 nanti, baik itu Pilkada Gubernur Maluku, Pilkada Kabupaten Maluku Tenggara maupun Pilkada Kota Tual.

Menurut Watubun, dalam rapat bersama komisi dengan pemerintah daerah maupun penyelenggara Pilkada, tidak ada hal-hal urgent yang disampaikan, karena semuanya telah siap untuk melaksanakan Pilkada pada 2018 nanti.

Sementara menyangkut anggaran, menurutnya persoalan tersebut harus dapat dikonsolidasikan dengan baik sehingga peruntukannya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

Dirinya menyarankan agar nantinya panitia penyelenggara Pilkada juga memperhitungkan faktor cuaca, terutama untuk daerah-daerah yang secara geografis sulit dijangkau. Hal ini untuk mencegah terlambatnya logistik Pilkada.

Watubun berharap Maluku bisa menjadi salah satu provinsi percontohan di Indonesia yang sukses menghelat Pilkada. Hal ini mengacu pada suksesnya Pilkada Kota Ambon beberapa waktu lalu.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *