Kota Ambon Diguncang Gempa Sebanyak 90 Kali

Ambon-Terhitung sejak Selasa malam hingga Rabu (1/11) telah terjadi 90 kali gempa di kota Ambon, yang diawali dengan 3 kali gempa pendahuluan, 1 kali gempa utama dan 86 gempa susulan.

Kepala Seksi Data dan Informas,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, A. Azhar Rusdin menjelaskan, dari 90 kali gempa tersebut yang dirasakan hanya sebanyak 11 kali.

Gempa di Ambon terjadi pada Selasa (31/10) pukul 18.31.41 WIB. Koordinat gempa terletak pada 3,79 LS dan 127,76 BT. Lokasi gempa berada di 50 kilometer barat daya Ambon dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Ambon secara tektonik, menurutnya rawan gempa. Tataan tektonik menunjukkan bahwa Ambon dan Pulau Seram dijepit oleh 2 sumber gempa utama.

Dari utara, Pulau Ambon didesak oleh zona subduksi Seram yang aktif, dan dari selatan terdapat struktur sesar yang dikenal sebagai South Seram Thrust. Struktur sesar ini sangat aktif karena terbentuk oleh efek adanya “tumbukan lempeng” dan hujaman balik sistem subduksi Seram, sehingga wajar jika sumber gempa ini menyimpan medan tegangan kulit bumi yang dapat terlepaskan sebagai peristiwa gempa kuat.

Indikator ini tampak dari seluruh gempa yang terjadi memiliki mekanisme sumber berupa sesar naik (thrust fault) dengan strike/jurus yang berarah barat-timur. Sehingga kuat dugaan bahwa gempa Ambon ini dipicu oleh struktur geologi sesar naik selatan Seram.

Sebelumnya Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG pusat, Daryono,  dalam keterangannya menjelaskan, secara tektonik, Ambon rawan gempa karena dijepit 2 sumber gempa utama. Dia mencatat gempa kuat terjadi di Ambon pada 1674, 1899, 1950, 1980, dan 2001.

Tataan tektonik menunjukkan bahwa Ambon dan Pulau Seram dijepit oleh 2 sumber gempa utama. Dari utara wilayah ini didesak oleh zona subduksi Seram yang aktif, dan dari selatan terdapat struktur sesar yang dikenal sebagai South Seram Thrust.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *