KPU Maluku Luncurkan Maskot dan Rumah Pintar Pemilu

Ambon-Bertepatan dengan peluncuran tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018, KPU Provinsi Maluku melakukan peluncuran yang maskot Pilgub Maluku dan jingle Pilgub Maluku serta peresmian Rumah Pintar Pemilu oleh Ketua bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Pusat.

Maskot Pilgub Maluku kali ini adalah Kakatua Maluku atau Cacatua Moluccensis, salah satu satwa endemik Indonesia dengan daerah sebaran di Maluku. Maskot Pilgub Maluku didesain oleh jurnalis senior Embong Salampessy, sedangkan Jingle Pilgub Maluku diciptakan Cliff Leiwakabessy.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan,  maskot Pilgub Maluku 2018, bentuk dasarnya dari sosok Kakatua Maluku, dipadukan dengan kotak suara yang identik dengan tugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Maskot memegang paku di tangan kanan dan ujung jari kelingking tangan kiri terlihat  tinta sebagai tanda atau simbol coblos. Sedangkan paruh burrung kakaktua menggigit kertas berisi pesan tanggal pencoblosan Pilgub Maluku.

Maskot Kakatua Maluku ini, diharapkan menjadi branding momentum Pilgub Maluku, sehingga dapat memotivasi masyarakat Maluku menggunakan hak pilihnya pada Pilgub yang digelar 27 Juni 2018 dengan harapan tingkat partisipasi pemilih mencapai diatas 70 persen.

Syamsul Rifan Kubangun menambahkan, tahapan program dan jadwal telah diluncurkan, dan KPU Provinsi Maluku diikuti terbitan SK berkaitan dengan pedoman teknis tahapan program dan jadwal.

Pembentukan Badan Adhoc juga telah dilakukan yakni PPK dan PPS, dimana telah ada 590 personil PPK tersebar di 118 kecamatan pada 11 kabupaten/kota dan 3.399 PPS yang  di 1.233 TPS.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *