KPU Maluku Luncurkan Tahapan Pilkada Maluku 2018

Syamsul Rifan Kubangun menambahkan, tahapan program dan jadwal telah diluncurkan KPU Provinsi Maluku diikuti terbitan SK

Ambon -Tahapan pemilihan kepala daerah Gubernur-Wakil Gubernur Maluku 2018 resmi diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku,Sabtu 2 Desember 2017.

Ketua bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Pusat, Wahyu Setiawan mengatakan, Maluku adalah salah satu dari 171 daerah yang menyelenggarakan Pilkada di 2018,

Dikatakannya, KPU beserta jajaran memiliki komitmen yang kuat untuk menjalankan triologi transparansi, yakni transparansi anggaran, tranparasni proses Pilkada dan transparansi hasil Pilkada.

Wahyu juga mengapresiasi penyelenggaran Pilkada pertama tahun 2015 dan gelombang kedua 2017, secara aman, damai dan demokratis.  Ia berharap, Polri yang didukung oleh TNI juga akan mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk Pilkada 2018 mendatang.

Ditanya soal kerawanan Pilkada Maluku 2018 yang oleh Bawaslu yang menempatkan Maluku sebagai tiga Provinsi rawan Pilkada, Wahyu Setiawan mengatakan, KPU tidak membuat indeks kerawanan Pemilu karena standar oprasional dan perlakukan sama. Potensi kerawanan ada di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada oleh karena itu KPU tetap menjalanakan standar oprasional yang sama.

Wahyu berpendapat indeks kerawanan Pilkada versi Bawaslu, karena calon petahana maju dalam kontestasi pilkada. Ia berharap masyarakat Maluku paham soal indeks kerawanan , karena tidak semua asumsi kerawanan seperti konflik sosial.

Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan Provinsi Maluku sesuai hasil survei BPS berada di tingkat teratas indeks demokrasi tertinggi di tahun 2015 hingga tahun 2016 yakni 12,30 persen. Indeks tersebut menunjukan adanya peningkatan kualitas demokrasi di Maluku semakin membaik diantara provinsi lainnya.

Syamsul Rifan Kubangun menambahkan, tahapan program dan jadwal telah diluncurkan KPU Provinsi Maluku diikuti terbitan SK berkaitan dengan pedoman teknis tahapan program dan jadwal.

Pembentukan Badan Adhoc juga telah dilakukan yakni PPK dan PPS, dimana telah ada 590 personil PPK tersebar di 118 kecamatan pada 11 kabupaten/kota dan 3.399 PPS yang  di 1.233 TPS.

Tahapan persiapan ini, menurutnya adalah bagian dari kegiatan KPU dalam proses persiapan menjelang pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Maluku 2018.

Pada acara peluncuran tahapan Pilkada Maluku selain dihadiri Ketua Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Pusat, Wahyu Setiawan. Dibarisan undangan terlihat hadir sejumlah pimpinan partai politik sementara Gubernur Maluku Said Assagaff diwakili oleh Asisten II Marice Lopulalan.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *