Saturday 24th February 2018

KPU Minta Pasangan Calon Ciptakan Pilkada Damai

Ambon-Untuk menghasilkan Pilkada yang berkualitas, maka para konstetasi  pasangan calon Gubernur Wakil Gubernur diminta berkomitmen menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkada berlangsung.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun, usai penetapan nomor urut pasangan,meminta sekaligus  mengimbau kepada para pendukung dan tiga pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur selama menggelar kampanye rapat umum (terbuka) tetap menjaga prinsip damai dan menaati peraturan selama masa kampanye berlangsung.

Disebutkan, hal-hal yang tidak boleh dilakukan para calon Gubernur antara lain kampanye hitam (black campaign) atau sengaja menjelekkan calon lain. Juga dilarang melakukan tindakan provokasi yang bisa menyulut emosi para pendukung, atau melakukan provokasi bermuatan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA).

Para pendukung dan calon bupati perlu dan penting menaati peraturan yang sudah ditetapkan KPU tentang penyelenggaraan pemilukada demi terciptanya pemilukada yang damai sesuai slogan bersama Beta Maluku, Beta Memilih Beta Berdaulat.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Selasa (13/02), siang melakukan pengundian nomor urut terhadap tiga pasangan calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Maluku.

Hasilnya, KPU menetapkan Paslon Said Assagaff-Andreas Rentanubun (SANTUN ) sebagai Paslon dengan nomor urut (1) satu, Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) nomor urut (2) dua, dan pasangan jalur perseorangan Herman Koedoeboen-Abdulah Vanath (Hebat) nomor urut (3) tiga.

Keputusan itu diambil sebagaimana hasil pencabutan langsung nomor urut yang dilakukan oleh masing-masing Paslon yang berlangsung di Swiss Belth Hotel.Nomor urut tersebut ditaruh dalam sebuah kotak kaca berisi bola pimpong dan diambil masing-masing Paslon berdasar urutan saat melakukan pendaftarannya di kantor KPU beberapa waktu lalu.

Paslon Santun menjadi peserta pertama yang melakukan pencabutan nomor urut tersebut, menyusul Baileo, dan Hebat.

Hasilnya pasangan Said Assagaff-Andreas Rentanubun yang didukung  Partai Golkar,  Partai Demokrat dan PKS pada nomor urut 1, Murad Ismail-Barnabas Orno yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, PKP, PPP dan PAN pada Nomor urut 2, sedangkan calon jalur perseorangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath di urutan 3.DMS




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us