Kreatifitas dan Kerja Keras Kunci Sukses Seorang Penyanyi

Ambon-Suara merdu dan bagus belum menjamin suksesnya seseorang diindustri musik indonesia. Jika pada era 70-an hingga 90-an banyak artis dan musisi asal Maluku yang merajai dunia tarik suara di tanah air, maka hal tersebut justru berbeda diera 2000-an sekarang ini.

Musisi sekelas Enteng Tanamal, Minggus Taihutu, Bob Tutupoly, Lexs Trio, Helas Group, Broery Marantika, Harvey Malaiholo, Rut Sahanaya, Utha Likumahua, Jopi Latul dan Andre Hehanusa adalah nama-nama besar yang terkenal dengan prestasi yang hebat dan talenta yang luar biasa.

Para musisi dan artis legendaris ini tidak terkenal secara instan tetapi karena kemauan dan kerja keras untuk menjadi yang terbaik.

Di era tahun 2000-an saat ini patut diakui artis asal Maluku yang sukses di blantika musik indonesia tidak terlalu banyak. Hal ini karena persaingan yang semakin ketat.  

Menurut Bob Tutupoly, untuk menembus industri musik nasional saat ini modal utama adalah kualitas, tidak hanya suara yang bagus tetapi didukung juga dengan kreatifitas dan kerja keras.

Kecanggihan teklnologi juga berdampak terhadap tingginya persaingan karena dengan kualitas suara yang jelek bisa dengan mudah dipoles hingga menjadi merdu.

Karena itu Bob Tutupoly berharap kepada para artis lokal di Maluku agar lebih meningkatkan kualitas suara jika ingin menjadi artis profesional.

Bob Tutupoly  menambahkan, kreativitas adalah daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu dari tidak ada menjadi ada. Biasanya, kreativitas akan memunculkan inovasi, yaitu kemampuan untuk memperbaharui hal-hal yang telah ada.

Sementara itu, musisi Minggus Taihutu mengakui penyanyi besar dari Maluku akan lahir lebih dimasa mendatang, karena menurutnya orang Maluku dianugerahi bakat dan talenta yang luar biasa, hanya saja perlu diasah dan dilatih lebih baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Enteng Tanamal. Ia menyatakan talenta dan bakat suara saja tidak saja cukup jika ingin menjadi yang terbaik. Menurutnya banyak faktor yang membuat sulitnya penyanyi Maluku menembus industri musik indonesia saat ini. Oleh karena itu banyak hal yang perlu dibenahi, baik dari segi olah vokal maupun aspek musikalitasnya.

Menurut Enteng, kemampuan berkreasi seorang artis akan melahirkan karya spektakuler luar biasa dan bermakna, sehingga orang terkesan dan memburu karyanya.

Kreativitas tidak hanya sekedar keberuntungan tetapi merupakan kerja keras yang disadari. Kegagalan bagi orang yang kreatif hanyalah merupakan variabel pengganggu untuk sebuah keberhasilan.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *