KSBSI- BPJSTK Gelar Sosilisasi Implentasi Manfaat Jamsos

Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Dewan Eksekutif Nasional, KSBSI, Rekson Silaban

Ambon-Konfederasi Serikat Buruh Sejahterah Indonesia (KSBSI) Wilayah Maluku bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Maluku, Kamis (16/11) ,menyelenggarakan Implementasi dan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari berbagai unsur perwakilan perusahaan.

Kegiatan ini penting diselenggarakan karena hingga saat ini masih banyaknya perusahaan yang berkewajiban mendaftarkan pekerjanya di program BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK), tapi belum mendaftarkannya.

Ketua KSBSI Koordintaor Wilayah Maluku, Yeheskel Haurissa mengatakan tujuan diadakan kegiatan Implementasi dan sosialisasi manfaat program BPJS adalah untuk menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan Jaminan Sosial (Jamsos) di Maluku sesuai dengan amanat UU BPJS, agar setiap warga terutama para pekerja  dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak.

Menurut Haurisa, kegiatan implementasi ini penting dilaksanakan mengingat saat ini dari empat ribu perusahaan di Maluku, yang mempekerjakan lebih dari 45 ribu pekerja di Maluku, baru 20 persen pekerja yang didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini bertentangan dengan amanat UU No 24/2011, yang membuat BPJS Ketenagakerjaan merumuskan berbagai langkah agar setiap pekerja memperoleh haknya.

Disamping belum semua pekerja di daftarkan sebagai peserta BPJS, Haurissa juga menyesalkan sikap perusahaan yang yang seringkali memanipulasi atau mengurangi data pekerja tidak sesuai yang dipekerjakan di perusahaan.

Ia mencontohkan kenyataan perusahaan mempekerjakan 200 orang tenanga kerja tetapi pengisian dokumen pelaporan tenaga kerja ke Dinas tenaga Kerja kurang dari 200 orang.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Dewan Eksekutif Nasional, KSBSI, Rekson Silaban  meminta, KSBSI Maluku melakukan penjajakan untuk menggandeng  Pemerintah Daerah  dalam penyiapan lahan perumahan pekerja.

Menurut Rekson Silaban yang juga Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, program sejuta rumah yang di yang dicanangkan oleh Pemerintah RI siap didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk Manfaat Layanan Tambahan (MLT) bagi pekerja.

Implementasi dan sosialisasi manfaat program BPJS

MLT Pembiayaan Perumahan dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan diperuntukkan bagi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan yang mengikuti seluruh program, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun.

Khusus bagi pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) atau pekerja informal, pekerja bisa mendapatkan program MLT Pembiayaan Perumahan ini dengan syarat mengikuti tiga program, yaitu JHT, JKK, dan JKm. DMS

Baca Juga:
20 Persen Pekerja di Maluku Belum Terdaftar BPJS
Sekda Maluku Ros Far-Far dinilai bohongi KSBSI

One Comment on “KSBSI- BPJSTK Gelar Sosilisasi Implentasi Manfaat Jamsos”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *