Lagi, Ambon Terima Bantuan BSPS

Ambon- Kota Ambon kembali menerima Bantuan Swadaya Perumahan Stimulan (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2017.

Kepala Bidang Kawasan Perkotaan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kota (PRPK) Ambon Roy Mongie di Ambon, mengatakan, Kota Ambon kembali menerima program rehabilitasi rumah warga miskin dari Kementerian PUPR.

Pada tahap I telah diterima bantuan rehabilitasi 40 unit rumah di empat desa, sementara pada  tahap II pihaknya akan mengirimkan data rumah yang akan direhabilitasi, masing-masing pada Desa Galala, Tuni, Latuhalat dan Urimessing.

Menurut Roy, disetiap desa diusulkan sebanyak 10 unit rumah. Namun belum diketahui besaran bantuan yang akan disetujui Kementerian PUPR.

Roy menjelaskan, penyaluran bantuan tahap pertama pembangunan rumah bagi warga Kota Ambon telah rampung sebanyak 50 unit rumah.

Dari 50 rumah yang menerima bantuan, 30 unit rumah telah selesai proses penyaluran berupa material bangunan, yang terdiri dari negeri Amahusu dan Batu Merah masing-masing 14 unit rumah dan kelurahan Karang Panjang dua unit rumah.

Sedangkan sisanya dalam proses pembangunan, yakni Amahusu tersisa 18 unit, Batu Merah dan Karang Panjang satu unit.

Ia menambahkan, program Bantuan Swadaya Perumahan Stimulan (BSPS) bertujuan meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan baru, dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding rumah, untuk dapat memenuhi syarat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan.

Penerima bantuan BSPS harus memenuhi syarat dan ketentuan di antaranya WNI, memiliki atau menguasai tanah tetapi belum memiliki rumah, menempati rumah dengan kondisi tidak layak huni dan belum pernah memperoleh bantuan rumah dari pemerintah.

Syarat lainnya adalah berpenghasilan 30 persen di atas upah minimum provinsi setempat, diutamakan yang telah memiliki keswadayaan dan berencana membangun atau meningkatkan kualitas rumahnya serta bersedia membentuk kelompok dan bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku. (DMS-Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *