Lay Out PPI Erie Tahun 2015 Dilanjutkan Tahun 2016

Ambon-Kepala dinas kelautan dan perikanan kota Ambon, Fernanda Louhenapessy mengatakan, tahun 2016 pihaknya merencanakan pembangunan lanjutan  lay out di PPI Erie yang termasuk dalam anggaran tahun 2015 yang belum terselesaikan.Selain itu pada areal yang lama akan direhabilitasi dooking serta pipanisasi air nersih hingga sampai ke dermaga.

Diakuinya, pembangunan tersebut dilakukan atas dasar dana tugas pembantuan tahun 2015. Sementara lokasi baru akan direncanakan reklamasi lewat dana infrakstuktur daerah dalam tahun 2016. Rehabilitasi tersebut yaitu penambahan tinggi 75 centimeter dan lebar 15 meter sehingga arela pertama dan areal kedua sama tinggi dan sama lebar.

Dijelaskannya, dana DAK dan dana infrasruktur pengembangan PPI Erie masing-masing dianggarakan sebesar 4 milyar lebih.Untuk pengembangan infrasturkur penimbunan sesuai dengan program kemnetrian DKP yaitu pengembangan pelabuhan perikanan.

Untuk dan DAK memiliki program yang jelas dengan sistem online sehingga setiap data yang dientry jika tidak sesuai atau over laping maka sistem akan menolak juknis yang disodorkan.

Menurut Louhenapessy, PPI dibangun sesuai dengan peraturan menteri DKP nomor 16 tahun 2006 dimana ada pembnagunan fasilitas untuk 4 kalsifikasi pelabuhan, yaitu pelabuhan perikanan, pertama adalah pelabuhan  periknana samudera, yang terletak kawasan timur di Bitung yang memiliki fasilitas high clas. 

Kemudian pelabuhan perikanan nusantara di Ambon yaitu di Tantui,   pelabuhan  perikanan pantai di Banda yang dikelola oleh pemerintah provinsi Maluku serta Pelabuhan pendarata ikan (PPI) Erie, Ambon.

Ditambahkanya, semua fasilitas diatur sedemikian rupa dengan masing-masing sarana yaitu  sarana pokok, sarana penunjang, sarana fungsional, semuanya itu, lanjutnya terperinci dalam peraturan menteri DKP.

Diakuinya, untuk PPI Erie, dermaga yang ada perlu perbaikan karena tidak sesuai lagi dengan tuntutan, sehingga tahun depan jika dinas DKP masih berfunsgi maka akan ditambah satu lagi pembnagunan dermaga yang akan berfunsgi sebagai tambat kapal dan sebagai technology park atau taman teknologi.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *