Cara Membuat Filter Instagram Sendiri Dengan Spark AR Studio Menggunakan Android Dan iOS

1
106
cara membuat filter instagram di android dan ios
cara membuat filter instagram di android dan ios

Di era digital ini rasanya seperti tertinggal jika tidak memiliki akun Instagram. Di mana selain bisa menemukan banyak teman dari berbagai kalangan dan usia, Anda juga bisa mendapatkan hiburan dari berbagai video-video pendek ataupun meme yang dibagikan. Selain itu, aktivitas di Instagram yang tidak kalah seru adalah menggunakan fitur filter ketika sedang mengambil foto atau berselfie dan kemudian membuatnya menjadi story di Instagram Anda. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui cara membuat filter Instagram di android dan ios agar lebih memudahkan Anda ketika membuatnya secara langsung.

Keberadaan filter di Instagram ini banyak sekali dimanfaatkan oleh pengguna Instagram. Di mana filter ini mampu untuk mempercantik foto yang Anda unggah. Bahkan Instagram sendiri telah menyediakan banyak sekali filter yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kemudian menggunakannya.

Berikut Keuntungan Membuat Filter Sendiri di Instagram :

cara membuat filter instagram di android dan ios
cara membuat filter instagram di android dan ios

Bantu Menambah Jumlah Like

Filter ini sebenarnya bukan sekedar untuk bisa membuat foto Anda semakin menarik saja dan menjadi hiburan untuk Anda dalam mengkreasikan foto secara digital melalui Instagram. Tetapi di samping itu, ada nilai plus yang akan Anda sadari setelah foto Anda yang sudah diberi filter tersebut Anda unggah. Di mana penggunaan filter pada foto akan mampu untuk mempengaruhi jumlah like di postingan Anda. Karena secara umum, setiap pengguna Instagram selain menginginkan followers yang banyak, juga bisa mendapatkan like dari foto yang diunggah dalam jumlah yang banyak juga.

Apalagi Instagram menyediakan berbagai macam filter yang jumlahnya tidak sedikit. Jadi, terkadang Anda akan mengalami kesulitan untuk memilih filter mana yang cocok akan Anda gunakan.

Cara Membuat Filter Di Instagram

cara membuat filter instagram di android dan ios
cara membuat filter instagram di android dan ios

Dalam hal ini nantinya Anda akan menggunakan Spark AR Studio yang merupakan aplikasi dari Facebook dengan cara membuat filter Instagram di android dan ios. Di mana Spark AR Studio ini merupakan platform yang memungkinkan bagi Anda untuk membuat efek AR (Augmented Reality) di kamera smartphone Anda. Bagi Anda pengguna Android dan iOS, Anda perlu untuk mengunduh terlebih dahulu aplikasi Spark AR Player untuk kedua platform tersebut.

Berikut ini adalah langkah atau cara pembuatan filter Instagram dengan Spark AR Studio:

cara membuat filter instagram di android dan ios
cara membuat filter instagram di android dan ios
  1. Ketika Anda telah membuka Spark AR Studio, maka pada tampilan awalnya Anda akan ditunjukkan dengan berbagai macam template yang dapat Anda langsung gunakan. Namun, dalam hal ini Anda akan menggunakan cara yang berbeda. Anda perlu untuk memilih “Create New” lalu “Blank Project”.

  2. Di bagian dashboard dari Spark AR Studio, Anda akan melihat pada bagian kiri ada panel yang berupa “Scene” dan “Assets”. Di mana Scene berisi dengan berbagai macam objek yang nantinya akan Anda gunakan dalam pengerjaan. Sedangkan untuk yang di sebelah kanan, memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan properti dari setiap objek dan Assets yang Anda miliki.

  3. Langkah selanjutnya Anda perlu untuk menambahkan berkas LUT dan patch Fast Colour LUT ke dalam pengerjaan dengan menu “Import” lalu “From Computer” yang ada di panel Assets. Selanjutnya pilih lah berkas LUT yang sudah Anda unduh dan beri tanda centang pada “Manual Compression” lalu “No Compression” yang bisa Anda temukan di panel sebelah kanan.

  4. Setelah itu Anda akan menambahkan objek canvas. Untuk menambahkannya, Anda bisa memilih menu “Add Object” atau dengan cara klik kanan pada panel Scene. Pada canvas tersebut, Anda perlu memberi objek berupa Rectangle. Di mana LUT akan diterapkan di objek Rectangle tersebut.

  5. Selanjutnya pada panel yang ada di sebelah kanan, Anda perlu mengklik sebuah tanda “+” yang letaknya berada di sebelah “Materials”. Di tempat tersebut Anda akan menemukan material yang baru di panel Assets. 

  6. Agar objek Rectangle bisa sesuai dengan ukuran dari layar smartphone Anda, maka ubahlah ukuran objek menjadi fill width dan juga fill height. Setelah itu beri pinning, dimana hal tersebut berfungsi untuk menjaga agar ukuran dari objek bisa sesuai dengan ukuran di layar smartphone Anda.

  7. Setelah itu klik tanda “+” yang ada di sebelah “Texture Extraction” untuk mengekstrak tekstur kamera dari objek kamera.

  8. Anda perlu untuk menampilkan patch editor terlebih dahulu sebelum menggunakan patch untuk Fast Colour LUT dan menerapkannya di objek Rectangle. Klik “View” lalu “Show/Hide Patch Editor”.

  9. Masukkan Asset LUT, tekstur kamera, dan patch Fast Colour LUT ke patch editor. Yakni dengan melakukan drag dan drop pada Aset. Tambahkan juga berkas LUT dan tekstur kamera ke patch editor.

  10. Sebelum Anda membuat patch untuk tekstur dari material, ubah lah “Shader Type” menjadi flat. Dan klik tanda panah yang ada di sebelah “Texture”. Patch pun akan muncul di patch editor.

  11. Hubungkanlah tiap-tiap patch pada patch editor. Jika proses menghubungkan benar, maka warna yang ada di video preview sesuai dengan berkas LUT yang sudah Anda buat terlebih dahulu dengan menggunakan Photoshop.

Cara membuat filter instagram di android dan ios ini bisa menjadi pedoman siapa saja yang ingin memiliki filter sendiri untuk Instagramnya agar makin keren.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here