Tutorial Bagaimana Cara Membuat Google Form Dengan Mudah dan Cepat

0
40
cara membuat google form

Google Form adalah inovasi dari Google Docs untuk membuat template kuisoner hingga formulir pendaftaran secara online dari Google. Namun bagaimanakah cara membuatnya? Yuk langsung saja simak cara membuat Google Form seperti pada pembahasan di bawah ini.

Berikut Cara Membuat Google Form Dengan Mudah Versi Radio DMS :

Cara membuat kuisoner

cara membuat google form
cara membuat google form dengan mudah dan cepat

Sebelum anda membuat Google Form yang berbentuk kuisoner, maka pastikan anda telah mempunyai akun Google, yaitu email dari Gmail. Jika sudah merasa yakin anda memiliki akun Google, maka anda dapat membuka web browser agar dapat langsung mengakses Gmail. Selanjutnya pastikan anda untuk membuka Google Docs – Form. Jika sudah masuk, maka ikuti langkah di bawah ini agar dapat membuat Google Form berbentuk template kuisoner.

– Memilih template

Jika anda sudah memasuki Google Docs, maka anda akan langsung dihadapkan dengan beberapa pilihan template. Namun jika beberapa pilihan template tersebut tidak sesuai dengan keinginan anda, maka pilihlah “blank” yang bergambar “+” background putih. Anda bisa klik langsung di tanda “+” tersebut.

– Isilah title serta form description

Selanjutnya anda akan menemukan kolom “Untitled Form”. Anda bisa mengkliknya, lalu ketikkan judul kuesioner yang akan dibuat. Jika sudah mengisi judul, maka perhatikan di bagian bawah judul, yaitu “Form description”. Nah, di sini anda dapat memaparkan secara deskriptif tentang kuesioner yang anda buat.

– Membuat pertanyaan

Di bagian bawah “Form description” terdapat “Question”. Maka anda dapat langsung mengetikan pertanyaan yang diinginkan.

– Membuat pertanyaan dengan pilihan jawaban multiple choice

Untuk anda yang ingin membuat pertanyaan dengan pilihan multiple choice, maka anda perlu mempersiapkan jawabannya. Contohnya saja jika anda memerlukan jawaban “ya, tidak, atau mungkin”, tentunya anda dapat menulisnya di kolom “add option” agar bisa menuliskan jawaban “ya”.

– Membuat pertanyaan dengan pilihan jawaban short answer hingga paragraph

Selain membuat pertanyaan dengan pilihan jawaban multiple choice, kali ini anda dapat membuat pertanyaan dengan cara memilih “short answer” hingga “paragraph”. Nah, apa perbedaan keduanya? Jika “short answer” hanya dapat digunakan untuk beberapa kata saja. Sedangkan untuk “paragraph” para kuisoner dapat menuliskan jawabannya dengan panjang.

– Kirim kuisonernya sekarang

Jika anda sudah merasa lengkap dengan semua pertanyaan tersebut, nah, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mengirimkan kuisoner ini kepada orang yang telah anda pilih. Tentunya anda dapat mengirimnya secara langsung melalui email atau mengcopy link dari Google Form yang telah dibuat. Caranya adalah anda bisa klik “send” di bagian kanan atas, lalu anda akan diberikan pilihan agar mengirim Form tersebut menggunakan email. Tuliskan alamat email yang ingin dikirimkan, lalu pilih “include form in email”. Anda kemudian bisa langsung memilih “send” yang terdapat di kanan bawah. Selain itu, anda pun dapat melakukan copy paste supaya bisa mengirimkan link kuisoner tersebut. Yang perlu dilakukan adalah klik simbol seperti “peniti”, lalu akan muncul link yang dapat di copy. Nah, jika link tersebut dirasa terlalu panjang, maka anda bisa memperpendekkannya dengan memilih “shorten URL”. Selanjutnya copy-lah link tersebut. Selesai.

Cara membuat formulir pendaftaran

cara membuat google form dengan
cara membuat google form dengan mudah dan cepat

Untuk anda yang sudah mengetahui bagaimana membuat kuisoner menggunakan Google Form, maka anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat formulir pendaftaran. Nah, untuk anda yang penasaran, yuk langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

– Pilih template

Sama seperti membuat kuisoner, anda pun dapat langsung memilih “blank template” agar dapat membuat formulir pendaftaran. Blank template dipilih agar anda lebih leluasa untuk membuat Google Form yang sesuai keinginan.

– Isilah title serta form description

Selanjutnya anda harus mengisi judul formulir pendaftaran hingga deskripsi di formulir pendaftaran tersebut. Tentunya anda bisa menulisnya secara padat, jelas, singkat, dan mudah dipahami.

– Kemudian membuat pertanyaan yang dibutuhkan

Biasanya formulir pendaftaran tidak membutuhkan pertanyaan dengan pilihan jawaban multiple choice. Sehingga anda bisa memilih jawaban “short answer” hingga “paragraph”. Di “untitled question” anda dapat menuliskan nama, tempat lahir, umur, dan sebagainya.

– Kirim formulir pendaftarannya sekarang

Jika anda sudah selesai membuat berbagai pertanyaan, kini saatnya anda dapat menyebarkan formulir pendaftaran yang telah dibuat. Klik “send” yang terletak di bagian kanan atas. Tentunya anda dapat membagikannya langsung melalui email dengan cara yang sama seperti cara membuat kuisoner sebelumnya. Anda dapat menuliskan langsung alamat email yang akan dituju, dan jangan lupa pilih “include form in email”. Selanjutnya pilih “send”.

Itulah beberapa tutorial bagaimana cara membuat Google Form, baik untuk kuisoner maupun formulir pendaftaran. Tentunya anda hanya membutuhkan komputer atau laptop dan jaringan internet saja tanpa perlu menghabiskan banyak kertas. Yang pasti caranya sangat simpel, mudah, cepat dan tidak ribet. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here