LRT Palembang Bisa Rampung Akhir Tahun 2017

Palembang – Jalur lintasan Light Rail Transit (LRT) Palembang diprediksi rampung sesuai target pada akhir tahun ini. Saat ini, beberapa pengerjaan eskalator mulai dilakukan sebelum uji coba pada Februari 2018 mendatang.

“Untuk pengerjaan sudah 70% dan tidak ada masalah, kami optimistis rampung sesuai target. Untuk tahap pertama ini, stasiun di OPI Mall sudah mulai dilakukan pemasangan eskalator sebagai fasilitas pendukung,” ujar Adi Wibowo Direktur Operasional Waskita Karya dihadapan Komisi XI DPR RI saat melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Senin (16/10/2017).

Untuk jalur lintasan LRT di simpang Tanjung Api-api yang timpang tindih dengan flyover, Adi menyebut sempat mengalami kesulitan karena harus menunggu pengerjaan flyover. Namun, saat ini jalur LRT sudah mulai terpasang dan menghubungkan lintasan dengan jarak antara flyover dan jalur LRT 5,5 meter.

“Jarak antara jalur lintasan LRT itu 5,5 meter berada di atas flyover simpang Tanjung Api-api merupakan kesulitan dalam pengerjaan, ini karena harus menyelesaikan pengerjaan flyover terlebih dahulu. Dimana jalur LRT memang langsung bersentuhan,” sambungnya.

Sementara itu, untuk mempercepat progres pengerjaan baik jalur lintasan dan rel, Waskita Karya telah menambah tim pengerjaan rel yang awalnya hanya 9 tim menjadi 23 tim. Dengan peambahan tim ini, dipastikan rel dapat segara terpasang dan finishing sebelum Juni 2018.

“Untuk pengerjaan rel ini terbilang cepat karena sudah mencapai 30 persen dari 23,4 kilo (Kilometer), jadi dari yang awalnya hanya 9 tim kita tambah menjadi 23 tim untuk mempercepat pengerjaan mulai dari sesi I stasiun bandara (Bandara SMB II Palembang). Sekarang sedang dalam pengerjaan itu di simpang Polda Sumsel karena kontruksinya itu memang sangat tinggi jadi membutuhkan perhatian lebih,” tutupnya.

Sebagai data tambahan, hari ini 14 tim dari Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan kerja untuk dan membahas beberapa infrastruktur seperti Venue Asian Games Jakabaring, Tol Palindra dan progres pengerjaan LRT. (DMS-detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *