Sunday 25th February 2018

Makanan Kadaluarsa Masih Dijual Bebas Di Sejumlah Toko

By: On:

Ambon-Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Ambon melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah toko dan distributor di kota Ambon. Pelaksanaan Sidak yang dilakukan pada Rabu, (7/06) di sasarkan antara lain di Toko Elton, Toko Mandiri dan Sepakat Abadi, terletak di Jalan Mutiara Mardika.

Dalam sidak di-tiga toko tersebut, petugas menemukan banyak makanan kaleng atau kemasan kadaluarsa. Tak tanggung-tanggung, ada makanan yang sudah lama kadaluarsa sejak 1 Januari 2017 belum ditarik dari peredaran.

Tak hanya itu, petugas juga menemukan makanan berupa cemilan dan kacang dengan kemasan yang sudah rusak.

Tujuan  dari Sidak tersebut mengingat Jelang Hari Raya Idul Fitri, rawan makanan kadaluarsa dan tidak sehat beredar di masyarakat. Karenanya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak ke beberapa tempat.

Tempat pertama yang disidak adalah kawasan belanja Toko Elton. Dalam sidak tersebut, petugas menemukan makanan kemasan seperti mie dan bihun telah rusak. 

Temuan makanan kadaluarsa ditemukan di Toko Mandiri, toko tersebut berhadap dengan Toko Elton, jumlah terbanyak yang disita petugas BPOM Ambon di toko tersebut.

Sejumlah makanan kaleng terlihat tidak utuh dan berkarat demikian halnya dengan makanan ringan berupa cemilan dan kue kering yang dijual melebihi batas waktu kadaluarsa .

Petugas juga menemukan tanggal mendekati kadaluarsa untuk jenis susu yang disusun bertumpuk dalam toko tersebut. Petugas langsung memperingati pemilik toko agar segera memindahkan barang tersebut dan tidak menjualk kepada konsumen.

Melihat banyaknya temuan barang kadaluarsa yang dijual, ptugas BPOM kemudian melakukan pemusnahan di tempat. Petugas juga berencana menyegel gudang tempat penyimpanan barang milik toko Mandiri.

Selain di Toko Mandiri dan Elton, petugas juga menemukan satu karton makan bermerk “gogo” yang dijual melewati masa kadaularsa terhitung Januari 2017.

Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Ambon Masih mencatat sejak dilakukan pengawasan selama beberapa bulan terakhir BPOM dengan melibatkan tim terpadu dari lintas sektor seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Kepolisian di sepuluh kabupaten/kota di Maluku, mencatat masih banyak produk-produk kadaluwarsa yang terus beredar di pasaran.

Meski ditemukan banyak produk tanpa izin edar yang sah maupun rusak dan kadaluwarsa itu masih terus beredar pasaran namun, hal tersebut sudah menurun jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.DMS




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us