Pasien Positif COVID-19 di Malut Bertambah 38 Orang

0
26
Pasien Positif COVID-19 di Malut Bertambah 38 Orang

Berita Maluku Utara, Ternate – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan melalui laboratorium PCR RSU Chasan Boesoerie Ternate, BBLK Makassar, PCR Prodia Ternate, diperoleh data bahwa pasien positif COVID-19 yang baru di provinsi ini bertambah 38 orang.

Juru Bicara GTPP COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes melalui siaran pers, Selasa, menyatakan, dari 38 pasien positif baru ini, sebarannya di lima kabupaten/kota.

“Benar, untuk penambahan pasien positif baru ini berasal dari Halmahera Selatan 22 orang, Pulau Morotai dan Kota Ternate masing-masing enam orang, Kepulauan Sula tiga orang dan Halmahera Utara satu orang,” katanya.

Oleh karenanya, menurut Alwia, dengan penambahan pasien positif baru ini, maka sampai saat ini, Malut memiliki pasien positif COVID-19 menjadi 1.493 orang.

Sedangkan, berdasarkan hasil pemerksaan follow-up melalui PCR RSU Chasan Boesoerie dan PCR BBLK Makassar dengan hasil negatif kedua berturut-turut, maka dinyatakan sembuh sebanyak 22 orang berasal dari Kota Ternate 17 orang, Halmahera Selatan tiga orang dan Halmahera Tengah dua orang. Dengan adanya tambahan 22 tersebut , maka sampai saat ini mereka yang sembuh mencapai 317 orang.

Sebelumnya, GTPP COVID -19 Malut dalam sepekan terakhir memulangkan puluhan pasien positif berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate.

“Kami telah memulangkan sebanyak 41 pasien positif berstatus OTG, karena telah melewati masa pemantauan selama 10 hari saat menjalani karantina,” katanya.

Selain itu, puluhan pasien positif COVID-19 telah melewati masa pemantauan di berbagai karantina yang disediakan tim Gustu dipulangkan ke keluarganya seperti di Dragon Hotel, Hotel Vellya maupun Corner Hotel.

Alwia mengatakan, untuk kasus meninggal dunia dua terdapat penambahan satu orang dari Kepulauan Sula yakni pasien 1.442 orang berinisial AU yang meninggal dunia, sehingga pasien positif COVID-19 meninggal dunia bertambah menjadi 47 orang.

Sedangkan, pemeriksaan tes cepat sampai hari ini mencapai 19.458 orang dan tambahan reaktif empat orang, sedangkan 17.892 orang non reaktif.

GTPP COVID – 19 Malut mencatat, kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) 1.206 orang, 89 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 47 orang.

Selain itu, saat ini sebanyak 17 orang menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, di mana 10 orang diantaranya positif COVID-19, tujuh orang PDP. Sedangkan, karantina di Sahid Bella Hotel sebanyak 21 orang dengan rincian 10 pasien terkonfirmasi positif, satu orang PDP, empat orang OTG dan enam orang pelaku perjalanan. Berita Maluku Utara radiodms.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here