Maret 2016 Pemkot Ambon Proses Pemutihan 6.000 IMB

Ambon-Kepala dinas Tata Kota Ambon,Deny Lilipory mengatakan,direncakanan sekitar 6.000 rumah di dua kecamatan yaitu kecamatan Teluk Ambon Baguala dan kecamatan Leitimur Selatan yang akan medapatkan proses pemutihan IMB yang dilakukan pada tahun 2016.

Diakuinya, rencana tersebut telah ada sejak tahun 2015 namun menunggu penandatangan peraturan walikota yang hingga kini masih bersifat sebagai draft. Diharapkan bulan Maret 2016 seluruh rumah tersebut sudah dapat diproses sebab masih dibutuhkan waktu koordinasi dengan SKPD terkait seperti Dispenda, disperindag, kesehatan.

Dijelaskannya, IMB 6000-an rumah tersebut bukan seluruhnya akan diputihkan tetapi akan dilihat persyaratan yang telah dipenuhi oleh pemilik rumah terkait dengan persyaratan teknis maupun persyaratan administrasi.

Sehingga dengan demikian rumah yang belum memenuhi persyaratan yang ditentukan tidak akan diberikan IMB oleh pemerintah kota Ambon, sebelum pemiliknya memenuhi persyaratan teknis maupun administrasi yang diminta, pasalnya akan berkaitan dengan pelayanan lainnya di pemerintah kota Ambon.

Diakuinya, dari total jumlah rumah yang tidak memiliki IMB tersebut,sebagiannya terjadi diakibatkan karena persoalan konfik sosial. Pengungsi yang membangun rumah tanpa mengurus IMB karena kesulitan transportasi.

Walupun demikian dirinya mengatakan tidak menutup kemungkinan saat ini pengungsi sudah dapat kembali ke tempat tinggal semula karena keamnan dan kenyaman yang tercipta di kota Ambon. Kalupum ada pengungsi yang tidak mau kembali ke rumah asalnya, dapat menukar atau menjual dan membeli rumah dimana tempat saat ini berdomisili.

Kawasan yang saat ini menjadi hunian pertukaran maupun juaa beli rumah diantraanya kawasan Kebun Cengkeh, Batu Merah.Namun ada juga kawasan yang memiliki campuran warga seperti kawasan Ahuru, dan Wayame. Sementara kawasan Batu Gajah harus melakukan pertukaran rumah bagi pengungsi yang minoritas.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *