Menyongsong Pembahasan RUU Provinsi Kepulauan Kepri Siap Tuan Rumah Deklarasi

Jakarta- Focus Group Discusion (FGD) pembahasan RUU Daerah Kepulauan akan dilakukan di Provinsi Kepulauan Riau, Januari 2018 mendatang. Saat ini RUU Daerah Kepulauan sebagai inisiatif DPR telah masuk dalam Prolegnas 2018.

Gubernur Kepulauan Riau Dr.H.Nurdin Basrun mengatakan, senang menjadi tuan rumah FGD yang membahas RUU Daerah Kepulauan, “ Kami siap ,menjadi tuan rumah FGD dan menerima Kepala Daearah Kepulauan dari seluruh indoensia. Mudah mudahan bisa menghasilkan deklarasi yang akan menjadi tonggak komitmen membangun daerah kepulauan” demikian Gubernur Kepri saat diterima Wakil  Ketua I DPD RI Letjen Mar. Pur Dr Nono Sampono Msi, di Gedung DPD RI (7/12)

Komite I DPD RI sementara ini sudah melakukan sosialisasi ke Bangka Belitung, Kepri dan Sulawesi Tenggara, selanjutnya akan dilakukan sosialisasi ke Sulawei Utara, NTB dan NTT.

Pimpinan DPD RI mengapresiasi prakarsa Gubernur Kepri untuk menjadi tuan rumah. “Prakarsa beliau merupakan respons dari sosialisasi yang dilakukan oleh DPD RI ke daerah”sambut Nono.

FGD dilakukan setelah pembahasan di rapat tripartit antara DPD RI, Pemerintah dan DPR RI. Rencana FGD RUU Daerah Kepulauan akan mengundang unsur DPR, dan sekaligus membentuk  Kaukus RUU Daerah Kepualuan.

“Ini kan warisan perjuangan 14 tahun  lalu yang digagas (alm) Aleks Litay (DPRRI/PDIP) “tambah Nono Sampono

Draft RUU Daerah kepulauan berbeda dengan gagasan diawal yang hanya membahas masalah keuangan, Nono sampono mengatakan, sekarang draftnya meliputi pembahasan masalah wilayah dan tata kelola. RUU Daerah Kepulauan juga sebagai prasyarat terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia

Menurut Gubernur Kepri, jika UU Daerah Kepulauan disahkan  akan sangat  menguntungkan daerah kepulauan. Kepulauan akan cepat maju. Saat ini jarak angkut lebih mahal dan layanan publik ke kepulauan sangat sulit dan kompleks.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *