Nono Sampono Dianugerahi Gelar Warga Adat Suku Noaulu

Ambon-Wakil Ketua I DPD RI asal Dapil Provinsi Maluku, Nono Sampono, dianugrahi gelar warga adat suku Noaulu di Dusun Noanea Desa Sepa , Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Penganugerahan gelar warga adat suku Noaulu kepada Nono Sampono ditandai dengan pemkaian ikat kepala merah atau kain berang yang merupakan simbol suku Noaulu.

Pemberian gelar warga adat kepada Nono Sampono dilaskukan Kepala Dusun Noa Nea, Sahune Matoke, karena Legislator Maluku ini dinilai senantiasa memberikan perhatian khusus terhadap suku noaulu khusunya warga Dusun Noanea.

Dalam kunjungannya itu, Nono Sampono melakukan tatap muka dan berdiskusi dengan masyarakat Naulu, salah satu aspirasi seperti disampaikan Kepala Dusun Noanea, Sahune Matoke yang meminta agar Nono Sampono dapat memperjuangkan aspirasi warga dusun Noanea Kepada Pemerintah Kabupaten dan DPRD Maluku Tengah agar menaikan status dusun Noanea menjadi Desa devinitif.

Nono Sampono mengakui masyarakat Naulu selama ini termasuk suku asli di Pulau Seram yang termajinalkan, dan sangat membutuhkan perhatian pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, juga para wakil rakyat.

Ia menyatakan, salah satu aspek penting yang mesti menjadi perhatian bersama adalah perjuangan untuk mendapatkan keabsahan dari Pemerintah Daerah yakni status desa Devenitif karena merupakan bagian penting bagi kehidupan Suku Naulu.

Untuk menjawab aspirasi warga Noaulu dusun Noanea ini Nono Sampono menyatakan akan memperjuangkan hal tersebut dengan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan DPRD Maluku Tengah  maupun para pihak terkait.

Menurutnya dengan menjadikan dusun Noanea menjadi desa adat, sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat baik dari segi pe├▒ata layanan pemerintah, ekonomi, sosial, budaya akan lebih baik.

Kehadiran Nono Sampono di dusun Noanea, pada Selasa, (04/12) sebagai bagian dari kunjungan kerja di Waipia kecamatan teon Nila Serua (Waipia) dalam rangka sosilisasi empat pilar kebangsaan kepada mahasiswa Fisip kampus Samaritan dan pelajar SMA di Kecamatan TNS Waipia.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *