Sunday 25th February 2018

Nono Sampono Hadiri Sidang Parlemen Asia-Pasifik (APPF) tgl 15-20 Jan di Fijji

By: On:

Jakarta-Ditengah menghadiri Sidang Parlemen Asia-Pasifik (APPF) tgl 15-20 Jan di Fijji, Senator asal Maluku mengatakan  Indonesia harus membangun hubungan baik dengan negara’s dikawasan Pasifik khususnya Melanesia.

Indonesia harus merasa bagian dari negara’s Kawasan Melanesia disamping ASEAN. Indonesia khususnya 5 provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT harus mengambil peran utama hubungan strategis terutama dalam Melanesia Spearhed Group (MSG). Karena ke-5 provinsi tersebut memiliki kedekatan dan persamaan sosial budaya.

Banyak manfaat sosial budaya, ekonomi, politik dan keamanan/stabilitas Kawasan yg didapat bila Indonesia secara aktif dan konsisten membangun hubungan strategis tersebut. Saat ini Fijji merupakan Singapura di Kawasan Pasifik Tenggara sangat pro Indonesia untuk isyu Papua.

Setelah berdialog dengan Ketua Parlemen Fijji sangat ingin membangun kemitraan khusus dengan khusus dengan Indonesia, bahkan Parlemen Fijji ingin mengunjungi ke-5 provinsi tersebut. Ternyata banyak negara’s di kawasan Melanesia yang baru mengetahui bahwa etnik Melanesia yang mendiami 5 provinsi termasuk terbesar ke-3 setelah Jawa-Sunda dan Melayu.DMS




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us