Panitia Dua Abad Martha Christina Tijahahu Gelar Seminar Nasional di Jakarta

Ambon-Panitia Dua Abad ( Ina Atha) Martha Christina Tijahahu,  Agustus mendatang akan menggelar Seminar Nasional Dua Abad Martha Christina Tijahahu di Jakarta.

Seminar ini bertujuan meng-Indonesia-kan Pahlawan Martha Christina Tiahahu, agar semakin dikenal masyarakat luas tidak saja di Indonesia tetapi juga dunia internasional.

Ketua Panitia Perayaan Dua Abad (Ina Atha) Christina Martha Tijahahu, Lusy Peilouw mengatakan, kegiatan seminar menjadi rangkaian perayaan Dua Abad Martha Christina Tijahahu dengan puncaknya pada 2 Januari 2018.

Sejumlah kegiatan lain yang akan dilakukan yakni kelas inspirasi Ina Ata di Kepulaluan Lease yakni   Pulau Nusalaut,Saparua, dan Haruku, serta pembangunan monumen Martha Christina Tijahuhu menggantikan yang telah lama di Negeri Abubu, Kecamatan Nusalaut, karena tidak layak lagi.

Peilouw berharap, melalui berbagai kegiatan  pemerintah dapat menggunakan nilai-nilai perjuangan tersebut sebagai kerangka pikir untuk membangun Maluku di masa mendatang. Para peserta yang berasal dari berbagai komponen masyarakat, aktivis, organisasi perempuan dan mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap rumusan perjuangan Martha Christina Tijahahu.

Perayaan 200 tahun Srikandi Maluku, menurut Peilouw harus menjadi inspirasi dan semangat generasi muda mengahiri segala bentuk penindasan yang terjadi saat ini demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di bumi seribu pulau.

Martha dalam suatu operasi pembersihan kolonial Belanda pada Desember beserta 39 orang lainnya tertangkap dan dibawa dengan kapal Eversten ke Pulau Jawa untuk dipekerjakan secara paksa di perkebunan kopi.

Selama di atas kapal, kondisi kesehatan Martha Christina Tiahahu memburuk. Dia menolak makan dan pengobatan.

Akhirnya pada 2 Januari 1818, selepas Tanjung Alang, Pulau Ambon, Martha Christina Tiahahu menghembuskan nafas terakhir. Jenazah Martha Christina Tiahahu disemayamkan dengan penghormatan militer ke laut Banda.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 012/TK/Tahun 1969 tertanggal 20 Mei 1969, Martha Christina Tiahahu yang lahir pada 4 Januari 1980 secara resmi diakui sebagai pahlawan nasional.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *