Pantai Lubang Buaya Morela Jadi Destinasi Wisata Bahari Favorit

Ambon-Pantai Namanalu atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lubang Buaya, saat ini mejadi salah satu destinasi wisata favorit di Desa Morela, Kecamatan Leihitu, Pulau Ambon Kabupaten Maluku Tengah.

Pantai berpanorama indah dan sejuk ini melengkapi sejumlah destinasi wisata bahari bumi Pamahanusa selain obyek wisata alam lainnya yang memesona.

Mendengar nama Lubang Buaya memang cukup mengerikan, karena yang akan terbersit dalam pikiran kita adalah binatang reptilia yang cukup berbahaya, namun tidak usah takut karena dipastikan tidak akan ada buaya disana.

Nama Pantai Lubang Buaya dipilih, karena menurut masyarakat, konon di pantai tersebut hidup seekor buaya putih didalam lubang karang di tepi pantai. Sehingga masyarakat sekitar menamakan daerah tersebut sebagai pantai Lubang Buaya.

Kini Lubang Buaya mulai menjadi salah satu primadona wisata bahari oleh wisatawan lokal dan bagi pencinta diving. Terdapat puluhan palung laut dan beberapa mulut gua dalam dasar laut yang menganga. Selain itu, didasar laut terdapat terumbu karang yang indah dan beraneka ragam ikan hias.

Pantai Namalanu ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan sejuk. Pengunjung akan dimanjakan dengan warna air laut sehijau tosca. Tidak hanya itu, di pantai ini juga disediakan tempat untuk sekedar beristirahat dan menikmati sejuknya angin pantai di pepohonan yang hijau nan rimbun.

Keindahan Pantai Lubang Buaya memang belum banyak terekspos dikalangan wisatawan. Masyarakat Kota Ambon sendiri pun masih banyak yang belum mengetahui keberadaan pantai ini. Atas inisiatif masyarakat sekitar, kawasan pantai ini mulai ditata sehingga layak dikunjungi sebagai salah satu objek wisata bahari unggulan di Provinsi Maluku.

Untuk masuk ke area Pantai lubang buaya, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5000,. Untuk menuju spot diving atau snorkling pengunjung dapat menyewa perahu semang tradisional tanpa mesin dengan tarif Rp. 10.000,- per orang pulang pergi.

Dikawasan ini tidak saja Pantai Namanalu yang bisa dinikmati wisatawan. Berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Lubang Buaya terdapat pantai Nitang Hahai yang tidak kalah menarik. Pantai ini memiliki air yang sama beningnya dengan air di Pantai Lubang Buaya.

transportasi sangat minim

Di dua lokasi ini pengunjung bisa menemukan spot menarik untuk swafoto dengan teman ataupun keluarga yang berkunjung.

Kendatipun pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal, namun satu hal yang masih kurang yakni akses transportasi yang masih sangat minim. Pengunjung yang datang kebanyakan mereka yang memiliki kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat atau menggunakan kendaraan sewaan, karena belum ada angkutan umum yang melintas di lokasi tersebut.DMS

Maluku Perlu Mengubah Cara Promosi Pariwisata

Dukung pariwisata Ambon kembangkan sektor wisata bahari

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *