Saturday 24th February 2018

PAUD Bogenville Adakan Kegiatan Manasik Haji Bagi Anak-Anak Di Kota Masohi

Ambon-Sebanyak 150 siswa-siswi dari TK, PAUD atau RA dalam kota Masohi mengikuit manasik Haji yang diselenggarakan oleh panitia dari Gugus PAUD Bogeneville pada lokasi GOR Maluku Tengah.

Saadiah Latuconsina disele-sela kegaitan, kepada DMS media group menjelaskan kegiatan manasik Haji yang diselenggarakan, sebagai bentuk untuk memberikan pengenalan sejak dini kepada generasi muda kususnya anak-anak tentang rukun Islam kelima yaitu menunaikan haji bagi yang mampu, sekaligus memberikan pelajaran tata cara menunaikan haji yang benar.

Dalam pelaksanaan manasik haji yang dilaksanakan ini anak-anak diberikan bimbingan semirip mungin dengan kondisi sesungguhnya saat ibadah haji terutama dari pakaian yang harus digunakan yaitu pakaian putih, ihram untuk anak laki-laki, gamis atau setelan putih untuk perempuan serta kantong lempar jumroh.

Selain itu, anak-anak belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Ditempat yang sama ketua gugus Salma Pelupessy kepada DMS media group, meminta adanya perhatian dari pemerintah daerah agar kedepannya dapat membangun fasilitas khusus untuk mengadakan kegiatan manasik haji yang bisa digunakan bukan hanya bagi anak-anak tetapi juga bagi para calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji.

Sementara itu Kepala Kantor Kemeretian Agama Maluku Tengah yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Ahmad Sou, kepada DMS media group mengatakan, pelaksanaan manasik haji bagi anak TK, PAUD, atau RA merupakan salah satu cara memberikan pengalaman pelaksanaan ibadah haji yang sedemikian rupa sehingga sangat berkesan dan tertanam dalam diri anak-anak dan nantinya menjadi bagian dari kepribadian yang agamis yaitu cenderung kepada perilaku sesuai tuntunan agama.

Dikataknnya pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya dalam bentuk ajaran atau teori tapi juga harus dipraktekkan dan Manasik haji anak merupakan praktek pelajaran agama yang mendukung ajaran agama di sekolah.

Para orang tua juga diharapkan untuk dapat memberikan bimbingan kepada anak-anak mereka saat berada di rumah, sehingga apa yang telah didapatkan saat berada di sekolah, akan semakin tertanam dalam diri setiap anak-anak hingga nantinya mereka dewasa.

Kegiatan manasik haji yang diselenggarakan ini di ikuti 10 TK,PAUD, masing dari TK AR-Rasyidu, PAUDHikma, PAUD Kodim, TK. Tiara, TK.Darma Wanita, PAUD Teratai Putih, PAUD RA Nurul Falah, PAUD Bunga Bakung, TK PKK Letwaru.DMS




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us