Pekan Depan Walikota Lantik Pejabat Eselon III Dan IV Lingkup Pemkot Ambon

Ambon-Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan  dalam waktu dekat dirinya akan segera melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) kota Ambon. Selain PDAM, tambahnya, sejumlah lurah di kota Ambon juga akan dievaluasi.

Menurutnya dalam waktu minggu depan ini, dirinya harus melakukan evaluasi.Evaluasi yang dilakukan menurutnya merupakan hal yang biasa dalam pemerintahan yaitu terkait pengisian jabatan yangs ementara kosong maupun untuk rotasi jabatan pejabat eselon lingkup pemerintah kota Ambon. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kinerja para pejabat di lingkup pemerintah kota Ambon.

Dijelaskanya, pelantikan akan dilakukan bagi pejabat eselon III dan IV, sementara untuk pejabat eselon II yang akan diangkat harus melalui mekanisme ASN karena itu merupakan promosi jabatan. sedangkan jika hanya rotasi eselon tidak harus melalui mekanisme ASN. Sehubungan dengan hal tersebut maka dirinya akan mengambil langkah melakukan pelantikan maupun rotasi pejabat.

Diakuinya, dalam melakukan pelantikan dan merotasi pejabat, dirinya juga harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, dimana dijelaskan  6 bulan sebelum mengakhiri masa tugas, kepala daerah tidak diperbolehkan mengambil langkah strategis dalam pemerintahan. Oleh karena pelantikan dan rotasi pejabat merupakan langkah straegis maka sebelum 6 bulan yang dimulai dari sekarang dirinya harus melakukan pelantikan dan rotasi jabatan.

Pasalnya, care taker yang akan menggantikan posisinya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pelantikan maupun rotasi jabatan.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *