Saturday 24th February 2018

Pembangunan Flyover Diharapkan Mampu Mengurai Kemacetan Lalulintas

By: On:

Ambon-Kehadiran Jembatan Merah Putih Poka Galala belum berdampak positif dapat mengurai kemacetan. di beberapa ruas jalan, kemacetan justru kian parah. Kendati Polisi Lalu Lintas maupun Dinas Perhubungan sudah melakukan berbagai cara, namun tetap saja gagal.

Untuk mengatasi kondisi kemacetan pemerintah berencana membangun jembatan layang (flyover) tepatnya di Jln. Jenderal Sudirman desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Anggaran pembangunan flyover telah disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran Rp.400 miliar yang dialokasikan dalam APBN tahun 2016 dimana pekerjaanya ditangani Balai Jalan Nasional.

Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru mengatakan Pemkot Ambon siap melaksanakan sosialisasi kepada warga Batumerah terdampak pembangunan flayover tersebut. Sekot Latuheru berharap Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan (BPJN) Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara segera menyampaikan detail desain flyover kepada Pemkot.

Proyek flyover telah diusulkan pada tahun 2014 itu, akan didanai secara bertahap selama tiga tahun anggaran, yakni sejak 2016 sampai dengan 2019.

Jembatan ini akan dibangun sepanjang 402 meter, lebar 8 meter, dan terdiri dari dua jalur, mulai dari kawasan turunan desa Batu Merah hingga ke Belakang Soya, tepatnya di pertigaan, arah ke kawasan Karang Panjang.

Jembatan ini dikhususkan bagi kendaraan yang akan menuju pusat kota. Sementara kendaraan yang menuju Terminal Mardika, tetap melalui jalan yang ada saat ini.

Sebelumnya, pemerintah provinsi Maluku telah merampungkan studi kelayakan serta studi analisis dampak lingkungan. Sementara di tahun ini, dilakukan detail desain oleh BPJN Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, mengingat  Jln. Jenderal Sudirman termasuk jalan nasional.

Kawasan Jln. Jenderal Sudirman, selama ini dikenal sebagai salah satu lokasi yang sulit bebas dari kemacetan panjang. Kondisi ini dapat terlihat setiap hari, terutama pada saat jam masuk kerja dan pulang kerja. Selain itu, Jalan Tulukabessy, dan Jalan Pantai Mardika juga menjadi titik kemacetan yang sangat parah.DMS

 

 

 

 

 




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us