Pembangunan PLTP Tulehu- Suli Terkendala Sengketa Lahan

Ambon – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di desa Tulehu – Suli, kecamatan Salahutu, pulau Ambon, terkendala sengketa lahan. Demikian dikatakan General Manager PT PLN (Persero) Maluku dan Maluku Utara, Indrandi Setiawan.

Menurut dia, sejak ditetapkan rencana pembangunan PLTP Tulehu – Suli, mengalami kendala dari masyarakat setempat untuk upaya pembebasan lahan.

Sedangkan, sebagian dari masyarakat yang lahannya terkena dampak pembebasan telah dilakukan pembayaran kompensasi.

Dia menyatakan, pihaknya bersama BPN Maluku, pemerintah desa setempat dan aparat keamanan, telah melakukan pendekatan tetapi belum ditetapkan keputusan.

Pihaknya memberikan kesempatan bagi keluarga untuk menyelesaikan, tetapi jika tidak juga mendapatkan jalan keluar, maka permasalahan ini akan diserahkan kepada Pengadian Negeri (PN) Ambon.

Ia mengatakan, hasil pertemuan dengan berbagai pihak seperti raja dan masyarakat setempat telah sepakat untuk mendukung proses pekerjaan PLTP Tulehu.

Penyelesaian pembangunan transmisi harus mendapat dukungan pemerintah dan masyarakat yang akan dilalui jalur transmisi, karena telah disiapkan ganti rugi atau kompensasi berdasarkan aturan pemerintah.

Dia mengemukakan, tenaga listrik yang dihasilkan PLTP Tulehu akan menjadi penopang beban dasar listrik di Kota Ambon dan sekitarnya.(Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *