Pemda Maluku Gelar Rapat Koordinasi PATEN

Ambon-Pemerintah Provinsi Maluku menggelar rapat koordinasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN),  Kabupaten/kota Se-Maluku.

Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir, mengatakan rapat koordinasi untuk mengimplementasikan program kebijakan Kemendagri tentang Penerapan PATEN. Program ini merupakan terobosan,untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui sistem satu pintu pada tingkat kecamatan. Tujuanya untuk mendorong kecepatan, transparansi dan keterukuran, dengan menyediakan fasilitas ruang pelayanan yang memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Implementasi kebijakan PATEN yang sudah dilaksanakan di sejumlah daerah, menunjukan trend yang sangat positif karena mendorong efektifitas dan efisiensi pemberian berbagai jenis pelayanan dasar kepada masyarakat, maupun memberikan peningkatan pendapatan asli daerah.

Program PATEN adalah salah satu kebijakan strategis bagi daerah untuk meningkatkan kemajuan dan perkembangan daerah, kususnya daerah-daerah yang jauh dari sentra-sentra perekonomian dan pusat pemerintahan.

Pemerintah Provinsi Maluku juga telah mengeluarkan surat edaran Gubernur Maluku Nomor 135.6-20 Tahun 2014 tertanggal 10 April 2014, tentang percepatan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang memuat rincian kewenangan-kewenangan Bupati/Walikota yang dapat dipertimbangkan pendelegasiannya kepada camat.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *